Categories: NEWS

Baitul Mal Abdya Kembali Berikan Beasiswa Tahfidz kepada Penghafal Al-Qur’an

Analisaaceh.com, Blangpidie | Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali memberikan penghargaan (reward) kepada putra-putri asal Abdya yang menghafal Al-Qur’an berupa Beasiswa Tahfidz Tahun 2024.

Beasiswa ini diberikan dalam bentuk uang pembinaan untuk hafidz-hafidzah asal Abdya dengan empat kategori yaitu 3-5 Juz, 6-10 Juz, 11-20 Juz dan 21-30 Juz.

Ketua Baitul Mal Abdya, Zulbaili Djuned mengatakan, calon penerima beasiswa Tahfidz harus mengikuti tes hafalan Alquran yang bertujuan untuk memastikan peserta benar-benar layak menerima beasiswa tersebut.

“Alhamdulillah, kegiatan tes hafalan Al Qur’an telah selesai kita laksanakan di dua lokasi, yaitu di Kantor Baitul Mal Abdya pada tanggal 2-3 Mei 2024,” ungkap Zulbaili, Rabu (8/5/2024) di Blangpidie.

Berdasarkan daftar hadir, kata Zulbaili, peserta yang telah mengikuti tes hafalan di kantor Baitul Mal Abdya berjumlah 208 orang santri/pelajar tahfidz yang berdomisili di Abdya dan sekitarnya.

Sementara lokasi kedua yang dipusatkan di Anjungan Abdya Komplek PKA Taman Ratu Safiatuddin Lampriet Banda Aceh telah dilaksanakan pada tanggal 6-7 Mei 2024.

“Peserta yang mengikuti tes hafalan Al Qur’an di di Anjungan Abdya Komplek PKA Taman Ratu Safiatuddin Lampriet berjumlah 87 orang. Mereka adalah anak-anak Abdya yang menempuh Lembaga Pendidikan Program Tahfidz di Banda Aceh, Aceh Besar dan sekitarnya,” terangnya.

Lebih lanjut, sebut Zulbaili, sebanyak 4 peserta yang berada di luar daerah atau provinsi Aceh diberikan peluang untuk memperoleh beasiswa Tahfidz dengan mengikuti tes hafalan ayat Al-Qur’an secara daring atau online.

“Untuk peserta dari luar daerah atau di luar provinsi Aceh, tes hafalan dilakukan secara daring atau virtual melalui zoom meeting. Hal itu kita lakukan untuk memberikan manfaat luas dari program beasiswa tahfidz ini kepada anak-anak Abdya di luar Aceh,” ujarnya.

Zulbaili mengucapkan terimakasih kepada para santri/pelajar tahfidz asal Abdya yang telah berpartisipasi mengikuti program seleksi beasiswa tersebut.

Ia berharap dengan adanya program beasiswa ini dapat menumbuhkan semangat menghafal serta melestarikan budaya hafalan dalam masyarakat, sehingga Al Quran senantiasa dapat menjadi kitab suci umat Islam tersimpan dalam memori-memori generasi Abdya ke depan.

“Tujuannya untuk memotivasi anak-anak Abdya agar mau menghafal Al Quran sebagai bagian dari penguatan nuansa penerapan syariat Islam di Bumo Breuh Sigupai,” kata Zulbaili.

Zulbaili juga menambahkan, kegiatan tes hafalan seleksi beasiswa Tahfidz Baitul Mal Abdya tahun ini berjalan dengan baik dan lancar. Untuk peserta yang lulus tes hafalan dan berhak menerima beasiswa tersebut nanti akan diumumkan melalui Instagram Baitul Mal Abdya dan media online. (Ahlul)

Redaksi

Editor Analisaaceh.com

Komentar

Recent Posts

Ini Penjelasan ESDM Aceh, Kajian Hidrogeologi dan Hidrometeorologi terhadap Fenomena Kekeringan di Lhoknga

Analisaaceh.com, Aceh Besar | Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh, Ir. Mahdinur, MM…

1 hari ago

Seorang Nenek di Langsa Diduga Jadi Korban Perampokan

Analisaaceh.com, Langsa | Chairani (63) seorang wanita berusia lanjut warga Gampong Timbang Langsa Kecamatan Langsa…

1 hari ago

Ratusan Rohingya Dipindahkan dari BMA Banda Aceh

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Ratusan etnis Rohingya yang sebelumnya telah menempati Balai Meseuraya Aceh (BMA)…

3 hari ago

Pertanahan Kota Langsa Gelar Seminar Seni Jurnalistik Era Digital

Analisaaceh.com, Langsa | Kantor Pertanahan Kota Langsa menggelar seminar strategi komunikasi di lingkungan instansi setempat…

3 hari ago

PJ Gubernur Aceh Lantik Azhari Sebagai PJ Wali Kota Subulussalam

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Penjabat Gubernur (PJ) Aceh Bustami Hamzah melantik Azhari sebagai Penjabat Wali…

3 hari ago

25 Anggota PPK Kota Langsa Dilantik

Analisaaceh.com, Langsa | Sebanyak 25 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam wilayah Kota Langsa untuk…

3 hari ago