Categories: NEWS

Jelang Idul Fitri, Gampong Meudang Ara dan Mata Ie Abdya Santuni Anak Yatim

Analisaaceh.com, Blangpidie | Masyarakat Gampong Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyantuni puluhan anak yatim di di Mushalla Induk gampong setempat, kamis (4/04/2024).

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Peduli Aneuk Yatim Bak Uroe Raya’ itu merupakan agenda tahunan yang digagas oleh pemuda gampong setempat yang sudah berjalan selama 20 tahun.

Ketua Panitia santunan yatim, Athiril Jamal mengatakan, kegiatan santunan ini merupakan kegiatan sosial turun temurun yang dilakukan setiap tahun menjelang hari Raya Idul Fitri.

“Ini sudah menjadi kewajiban bagi kami selaku pemuda untuk memperhatikan dan membantu adik-adik kita yang sudah tidak mempunyai orang tua lagi,” ungkapnya.

Athril menjelaskan bahwa jumlah keseluruhan anak yatim yang menerima santunan berjumlah sebanyak 27 orang. Selain itu, anak yatim juga menerima satu paket parsel lebaran.

“Setiap anak yatim menerima santunan uang tunai masing-masing senilai Rp 2.157.000 ribu,” ujarnya.

Athiril menyebutkan, dana yang di peroleh merupakan sumbangan dari warga Meudang Ara dan warga Meudang Ara yang berada di luar gampong dan juga sumbangan dari pemilik usaha yang berdomisili di gampong tersebut.

Sementara itu, Keuchik gampong Meudang Ara Hendry Putra mengucapkan terimakasih kepada pemuda atas kerja kerasnya sehingga kegiatan Peduli Aneuk Yatim Bak Uroe Raya, selesai dilaksanakan.

“Selaku orang tua di desa, kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh donatur yang telah mensupport kegiatan santunan anak yatim setiap tahunnya. Alhamdulillah berkat kepedulian bersama kita bisa melihat kebahagian di wajah mereka dan semoga Allah SWT membalas semua kebaikan,” katanya.

Selain di gampong Meudang Ara, puluhan anak yatim-piatu di Gampong Mata Ie, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Abdya juga menerima santunan.

Kegiatan santunan dan buka puasa bersama (Bukber) masyarakat dan anak yatim-piatu tersebut berlangsung di kantor gampong setempat.

Ketua panitia, Nazaruddin mengatakan, santunan yatim piatu merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh aparatur desa dan masyarakat gampong Mata Ie dalam bulan suci Ramadhan tepat beberapa hari menyambut hari Raya Idul Fitri.

“Alhamdulillah tahun ini masyarakat gampong Mata Ie kembali menyantuni anak yatim piatu menjelang hari raya idul fitri,” ungkapnya.

Nazaruddin menjelaskan, adapun anggaran santunan bersumber dari tunjangan keuchik, aparatur desa dan masyarakat gampong Mata Ie. Dari donatur tersebut, kata dia, total semua uang terkumpul berjumlah senilai Rp 17.618.000 ribu.

Nazaruddin merincikan, jumlah anak yatim menerima santunan sebanyak 17 orang dan piatu 8 orang. Kemudian, untuk anak yatim masing-masing menerima senilai Rp 800 ribu dan piatu Rp 500 ribu per orang.

“Selaku panitia, kami mengucapkan terimakasih kepada orang tua kami aparatur desa dan masyarakat gampong Mata Ie yang sudah menyisihkan harta mereka untuk anak yatim piatu di hari raya dan kami berharap semoga segala kebaikan mereka diterima oleh Allah Swt,” ucapnya.

Sementara itu, Keuchik gampong Mata Ie, Junaidi ID juga mengucapkan ribuan terimakasih kepada pemuda atas kerja keras nya sehingga tahun ini gampong Mata Ie kembali menyantuni yatim piatu dalam menyambut hari Raya idul Fitri.

Junaidi berharap semoga kegiatan santunan ini terus berjalan setiap tahu. Sebab, kepedulian terhadap anak yatim piatu merupakan kewajiban semua orang apalagi dalam suasana hari raya.

“Selaku orang tua di desa, kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh donatur yang telah mensupport kegiatan santunan anak yatim setiap tahunnya. Alhamdulillah berkat kepedulian bersama kita bisa melihat kebahagian di wajah mereka dan semoga Allah SWT membalas semua kebaikan,” pungkasnya .

Ahlul Zikri

Komentar

Recent Posts

BMKG Prediksikan Sebagian Wilayah Aceh Diguyur Hujan Tiga Hari Kedepan

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan dengan intensitas ringan…

3 jam ago

Mantan Wakil Bupati Aceh Besar Waled Husaini Meninggal Dunia

Analisaaceh.com, Aceh Besar | Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Mantan Wakil Bupati Aceh Besar,…

5 jam ago

Ini Penjelasan ESDM Aceh, Kajian Hidrogeologi dan Hidrometeorologi terhadap Fenomena Kekeringan di Lhoknga

Analisaaceh.com, Aceh Besar | Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh, Ir. Mahdinur, MM…

2 hari ago

Seorang Nenek di Langsa Diduga Jadi Korban Perampokan

Analisaaceh.com, Langsa | Chairani (63) seorang wanita berusia lanjut warga Gampong Timbang Langsa Kecamatan Langsa…

2 hari ago

Ratusan Rohingya Dipindahkan dari BMA Banda Aceh

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Ratusan etnis Rohingya yang sebelumnya telah menempati Balai Meseuraya Aceh (BMA)…

3 hari ago

Pertanahan Kota Langsa Gelar Seminar Seni Jurnalistik Era Digital

Analisaaceh.com, Langsa | Kantor Pertanahan Kota Langsa menggelar seminar strategi komunikasi di lingkungan instansi setempat…

3 hari ago