Saluran Irigasi Rusak, Persawahan di Kluet Tengah Terancam Kekeringan

Analisaaceh.com. Tapaktuan | Areal persawahan di Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan terancam tidak bisa digarap dan ditanami padi. Hal tersebut disebabkan sarana irigasi yang selama ini mengairi persawahan di tiga Gampong yakni, Gampong Koto, Gampong Sawah dan Gampong Lawe Melang di Kecamatan tersebut rusak parah.

Alsiddiqin, Keuchik Gampong Koto kepada analisaaceh.com Minggu (24/11/2019) mengatakan, selama ini saluran irigasi yang mengairi lebih kurang 100 Hektare persawahan masyarakat tersebut memang belum pernah diperbaiki secara permanen dan pintu airnya pun tidak ada.

Dia meminta kepada Pemerintah atau Dinas terkait untuk turun ke lokasi guna melihat langsung dan segera memperbaiki jaringan saluruan irigasi persawahan di Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten setempat.

Dijelaskannya, jika kerusakan irigasi tersebut tidak segera diperbaiki dalam waktu dekat dipastikan petani tidak bisa menggarap sawah untuk musim tanam padi karena terancam mengalami kekeringan.

“Kami meminta kepada pemerintah dan Dinas terkait untuk segera memperbaiki saluran irigasi persawahan kami, karena dalam waktu dekat ini kami akan turun ke sawah dan akhir bulan depan bulan desember harus siap tanam,” katanya.

Dilanjutkannya, karena akhir bulan desember tahun ini sawah harus siap tanam, ia mengatakan akan membangun sarana irigasi di Alur Buluh yang rusak pasca banjir beberapa hari lalu itu akan diperbaiki secara swadaya.

Sementara itu Camat Kluet Tengah Darman.SE mengatakan, karena tinggal satu bulan lagi masyarakat di Kluet Tengah akan turun ke sawah kepada Dinas terkait untuk secepatnya memperbaiki saluran irigasi yang rusak tersebut.

“Harapan kami selaku mewakili masyarakat Kluet tengah untuk Dinas terkait agar sarana irigasi yang rusak tersebut untuk secepatnya diperbaiki, karena hanya tinggal 1 bulan lagi masyarakat Kluet Tengah akan mulai turun ke sawah untuk tahun tanam 2019/2020,” pintanya.

Redaksi

Editor Analisaaceh.com

Komentar

Recent Posts

KIP Aceh Minta Maaf Soal Pernyataan Non Muslim Boleh Maju Cagub

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Komisi Pemilihan Independen (KIP) Aceh menyatakan bahwa pencalonan Gubernur dan Wakil…

3 jam ago

Telantarkan Anak, Seorang Ayah Asal Aceh Utara Diamankan Polisi

Analisaaceh.com, Idi Rayeuk | Seorang warga Desa Matang Baloy, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara…

4 jam ago

Kedapatan Miliki Sabu, Seorang Pemuda di Abdya Ditangkap Polisi

Analisaaceh.com, Blangpidie | Seorang pemuda berinisial PB (27) warga Gampong Pantee Pirak Kecamatan Manggeng Kabupaten…

12 jam ago

Warga Kota Banda Aceh yang Nikah Di MPP Langsung Dapat KTP dan KK

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Warga Kota Banda Aceh yang menikah di Mall Pelayanan Publik (MPP)…

1 hari ago

Pendaftaran Pasangan Calon Gubernur Independen Dibuka 5 Mei 2024

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Komisi Pemilihan Independen (KIP) Aceh akan membuka pendaftaran bakal pasangan calon…

1 hari ago

KIP Aceh Sebut Non Muslim Bisa Maju Sebagai Gubernur Aceh

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Komisi Pemilihan Independen (KIP) Aceh menyatakan bahwa Non Muslim bisa maju…

1 hari ago