Traktor Tak Kunjung Turun, Petani Jambo Manyang Kecewa Sikap Pemkab Aceh Selatan

ANALISAACEH.COM, TAPAKTUAN | Para petani di Gampong Jambo Manyang kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan keluhkan sikap Pemkab setempat. Pasanya hingga kini Pemkab belum menurunkan traktor pembajak sawah untuk masa tanam 2020.

Padahal seharusnya akhir tahun ini para petani di wilayah itu sudah mulai melakukan pembajakan sawah.

Kechik Jambo Manyang, Mukhlis mengatakan, saat ini para petani di gampongnya belum dapat memulai proses pembajakan sawah, yang seharusnya sudah memasuki masa pembajakan.

“Karena pemerintah belum menurunkan traktornya, jadi petani juga belum bisa memulai,” ujarnya pada Kamis (12/12/2019).

Menurutnya, jika berpedoman pada tahun lalu, saat ini petani sudah mulai melakukan pembajakan sawah demi terlaksananya program prioritas Pemkab Aceh Selatan dengan target dalam setahun dua kali panen.

“Insyaallah kita di sini sudah melakukan dengan baik program Bupati, di mana dalam setahun dua kali panen. Tapi disaat petani serius melakukan program tersebut dan meminta traktor untuk melakukan pembajakan sawah Pemkab malah tidak memberikan traktornya,” keluh Mukhlis.

Dikatakannya, kalau hal itu tidak dapat terealisasi. Maka program prioritas Bupati Aceh Selatan akan gagal.

“180 hektar lahan sawah petani di gampong kami sampai saat ini belum ada yang melakukan pembajakan, karena belum satupun traktor yang dikerahkan oleh Dinas Pertanian, intinya ini juga merupakan satu kendala besar bagi petani dalam proses produksi. Jadi kalau hal ini tidak dipikirkan oleh pemerintah, sama juga percuma mengajak petani untuk bertani,” jelasnya.

Muhklis juga menagih janji dari Dinas Pertanian dan Pertenakan Aceh Selatan yang mengatakan bahwa memiliki mesin traktor.

“Minimal satu kan bisa diberikan, karena kami tahu juga kalau saat ini traktor juga dipakai oleh petani lainnya yang ada di gampong-gampong lain. Karena keluhan petani ini sudah dua minggu saya sampaikan kepada kadis Pertanian dan Peternakan, tapi hingga hari ini belum kami terima,” ucapnya.

Sementara itu, Kadis Pertanian dan Peternakan Aceh Selatan, Yulizar, SP mengatakan, bahwa pihaknya saat ini sedang memfokuskan pembajakan sawah di wilayah Kecamatan Kluet Timur dan Kluet Selatan. Sebab kata dia, semua itu merupakan permintaan dari Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran yang saat ini menjabat sebagai Plt Bupati.

“Kluet Utara ini memang luar biasa, baru saja siap panen dan mau meminta lagi untuk pembajakan sawah, bahkan wilayah mereka itu sudah lebih dari program pemerintah untuk melakukan panen dalam setahun dua kali, maka dari itu Pak Wabup meminta menyelesaikan sawah yang belum dibajak,” kata Yulizar.

Yulizar mengaku, jika pihaknya sudah menerima laporan dari Keuchik Mukhlis yang disampaikan oleh Camat Kluet Utara sekira tiga hari lalu, namun karena keterbatasan mesin trator terpaksa ditunda dulu.

“Sekarang sudah saya sampaikan kepada anggota untuk mengirimkan satu mesin traktor ke gampong Jambo Manyang, dan saya sendiri memang mengakui prestasi gampong Jambo Manyang ini yang dimotori oleh Pak Keuchik Mukhlis,” pungkasnya.

Redaksi

Editor Analisaaceh.com

Komentar

Recent Posts

Kedapatan Miliki Sabu, Seorang Pemuda di Abdya Ditangkap Polisi

Analisaaceh.com, Blangpidie | Seorang pemuda berinisial PB (27) warga Gampong Pantee Pirak Kecamatan Manggeng Kabupaten…

7 jam ago

Warga Kota Banda Aceh yang Nikah Di MPP Langsung Dapat KTP dan KK

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Warga Kota Banda Aceh yang menikah di Mall Pelayanan Publik (MPP)…

1 hari ago

Pendaftaran Pasangan Calon Gubernur Independen Dibuka 5 Mei 2024

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Komisi Pemilihan Independen (KIP) Aceh akan membuka pendaftaran bakal pasangan calon…

1 hari ago

Relawan Pro MK Deklarasi Dukung Muzakir Manaf Cagub Aceh di Pilkada 2024

Analisaaceh.com, Lhokseumawe | Sejumlah anak muda-mudi di Kota Lhokseumawe yang menamakan diri relawan Pro Mualem…

3 hari ago

Simpan Sabu, Seorang Pria di Aceh Selatan Ditangkap Polisi

Analisaaceh.com, Tapaktuan | Seorang pria berinisial TW (31) warga Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan ditangkap…

3 hari ago

Tingkat Kepatuhan Perokok di KTR di Aceh Berkurang Lantaran Tak Ada Sanksi

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Aceh Institute menyatakan tingkat kepatuhan masyarakat di Aceh dalam konteks pengendalian…

3 hari ago