RSUDZA Siapkan Gedung Onkologi dan 300 Nakes untuk PON

Direktur RSUD dr. Zainoel Abidin, dr. Isra Firmansyah, foto : naszadayuna/analisaaceh.com

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) memfokuskan Gedung Baru Onkologi sebagai pusat pelayanan kesehatan bagi para atlet dan offisial.

“Sesuai aturan Kementerian Kesehatan, pelayanan kesehatan untuk PON harus terpisah. Kami memusatkannya di Gedung Onkologi karena sudah dilengkapi UGD dan kamar operasi yang akan segera selesai,” ujar Direktur RSUDZA, dr. Isra Firmansyah, saat ditemui di RSUDZA, Rabu (17/7/2024).

Dimana, Isra menjelaskan, bahwa gedung onkologi tersebut dalam tahun ini sedang berjalan dalam melengkapi sarana dan prasarananya, sehingga untuk alat-alatnya sedang datang.

“Insyaallah kamar operasi kita tahun ini akan berjalan, sedang melengkapi sarana dan prasarananya, jadi alat alat sedang datang, insyaallah bisa segera beroperasi,” ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga menyiapkan 12 bed untuk mengantisipasi saat ada kejadian atau cidera di venue yang bisa langsung dibawa ke IGD kalau cideranya memenuhi kriteria untuk di rujuk ke Onkologi.

Isra juga menerangkan, untuk yang cidera akan diobservasi lagi setibanya di IGD. Dan tim yang akan diturunkan sekitar 300 lebih tenaga kesehatan, baik dokter spesialis, tenaga rehab medik, psikologi, hingga perawat. Sedangkan untuk di venue juga akan disiapkan hospital lapangan.

“Sehingga kita fokuskan untuk pelayanan PON itu di daerah onkologi, disitu ada IGD nya, dan kemudian fasilitas yang akan dilengkapi yang mudah-mudahan selesai terlaksana. Jadi kita sudah melakukan sesuai perundang undangan, peraturan yang ada, insyaallah mohon dukungan,” jelasnya

Komentar
Artikulli paraprakMantan Kadinkes Aceh Tengah Divonis 1 Tahun Kasus Korupsi RS Regional
Artikulli tjetërIMM dan Masyarakat Abdya Tuntut Kejari Selesaikan Kasus PT CA