BMKG: Aceh Berpotensi Hujan Lebat Hingga Malam Hari

Ilustrasi Hujan

Analisaaceh.com, Banda Aceh | BMKG memperkirakan peluang hujan di wilayah Aceh masih tinggi hingga malam hari. Kondisi cuaca diperkirakan akan berlangsung sepanjang siang hingga malam.

Menurut Prakirawan Cuaca BMKG, Betsi, fenomena cuaca yang terjadi disebabkan oleh gangguan atmosfer berupa Gelombang Ekuatorial Rossby.

“Gangguin ini yang mempengaruhi wilayah Sumatera Bagian Utara berpotensi memicu pembentukan awan-awan hujan di area tersebut,” ujarnya Selasa (17/9/2024).

Selain itu, faktor lain seperti belokan angin, daerah konvergensi, serta anomali suhu muka laut yang hangat di Perairan Barat dan Utara Aceh turut berkontribusi meningkatkan potensi hujan.

Betsi menjelaskan bahwa meskipun cuaca saat ini berada dalam fase peralihan, aktifitas gangguan atmosfer yang berada di sekitar wilayah Aceh dapat menyebabkan intensitas hujan menjadi lebih tinggi.

“Sementara itu, untuk besok hari, BMKG memperkirakan kemungkinan hujan masih ada, namun dengan intensitas yang lebih ringan dibandingkan dengan hari ini,” tutupnya.

Komentar
Artikulli paraprakTim Gabungan BNN Aceh Gagalkan Penyelundupan Sabu asal Thailand
Artikulli tjetërLibur Maulid Nabi, Trafik Tol Trans Sumatera Melonjak Signifikan