Cara Mengontrol Suasana Hati Saat Berpuasa

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, dimana umat muslim sedunia diwajibkan menahan rasa lapar dan dahaga mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Tentunya banyak tantangan yang kita hadapi saat berpuasa.

Hal yang sering terjadi pada orang yang berpuasa adalah mood atau suasana hati yang sering berubah-ubah, mulai dari kurang bersemangat hingga cepat marah.

Berikut tips mengontrol suasana hati saat berpuasa :

1. Menjaga kecukupan asupan nutrisi selama berpuasa

Saat berpuasa seseorang tidak makan dan minum selama 12 jam, rasa lapar merupakan salah satu faktor seseorang menjadi cepat marah, maka asupan nutrisi yang seimbang dapat membantu anda agar tidak mudah lapar.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta perbanyak minum air putih untuk mempermudah proses metabolisme dan menghindari dehidrasi.

2. Sibuk kan hari anda dengan kegiatan yang bermanfaat

Suasana hati yang berubah-ubah juga di picu oleh rasa stres dan frustrasi. Anda bisa mengisi hari anda dengan berbagai kegiatan seperti rajin berolahraga dan mencoba memasak berbagai menu unik untuk sahur dan berbuka.

Di bulan ramadhan ini akan lebih bermanfaat jika anda menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan keagamaan, hal ini berguna untuk membantu suasana hati menjadi lebih tenang.

3. Istirahat yang cukup

Salah satu faktor penyebab seseorang menjadi kurang produktif dan kurang bersemangat adalah kurangnya istirahat. Istirahat yang cukup mampu mengembalikan suasana hati kembali ceria dan aktif sepanjang hari.

4. Bersyukur

Perubahan suasana hati seseorang tergantung pada cara seseorang mengendalikan perasaannya. Terkadang suasana hati kerap kali berubah karena kurangnya rasa bersyukur.

Ketika seseorang mampu bersyukur dengan apa yang dialami dan dimiliki, maka suasana hati akan meningkat dengan sendirinya. Selain itu, seseorang yang kerap bersyukur akan menemukan kebahagiaan walau dalam hal kecil sekalipun. | Della