Hujan Deras, Waduk Seumayam di Pidie Jebol

Analisaaceh.com, Sigli | Hujan dengan itensitas tinggi selama seminggu di wilayah Pidie mengakibatkan waduk Seumayam Kecamatan Padang Tiji jebol sehingga berdampak tidak dapat dialirkan ke sawah di tujuh Gampong.

“Kondisi waduk sebenarnya sudah sejak senin lalu sudah mulai jebol tapi kecil sekitar satu meter kerusakannya,” kata Camat Padang Tiji Irwan pada, Rabu, (20/1/2021).

Menurut laporan dari masyarakat kondisi waduk pada Senin (18/1) lalu sudah terlihat jebol sekitar satu meter, namun masyarakat dapat menutup kembali kerusakan waduk itu, akibat hujan dengan itensitas tinggi selama seminggu ini kondisi waduk semayam dipenuhi air sehingga waduk tidak dapat menahan debit air hingga jebol seluas lima meter.

Jebolnya waduk semayam itu mengakibatkan beberapa lahan sawah yang terdapat di tujuh gampong tersebut tidak dapat dialiri air untuk kebutuhan pertanian masyarakat, sementara petani sedang pada masa tanam padi.

“Akibat jebol waduk ini lahan sawah di tujuh Gampong sudah tidak dapat dialiri lagi, padahal saat ini petani masuk pada masa tanam,” jelas Irwan.

Terkait masalah ini, pihaknya telah melaporkan kepada BPBD Pidie sehingga ada upaya untuk penanganan pasca waduk jebol dan tidak menganggu aktifitas petani dalam menanam padi.

“Saya mengharap ada penanganan secepatnya karena petani sawah masuk pada masa tanam,” pungkas Irwan.

Redaksi

Editor Analisaaceh.com

Komentar

Recent Posts

Simpan Sabu, Seorang Pria di Aceh Selatan Ditangkap Polisi

Analisaaceh.com, Tapaktuan | Seorang pria berinisial TW (31) warga Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan ditangkap…

1 jam ago

Tingkat Kepatuhan Perokok di KTR di Aceh Berkurang Lantaran Tak Ada Sanksi

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Aceh Institute menyatakan tingkat kepatuhan masyarakat di Aceh dalam konteks pengendalian…

1 jam ago

Tabrakan di Peukan Bada, 2 Pengendara Motor Meninggal

Analisaaceh.com, Aceh Besar | Dua pengendara motor meninggal usai tabrakan di Jalan Cut Nyak Dien…

7 jam ago

Geuchik Gampong Punti Mangkir dari Panggilan Penyidik Tipidkor Polres Lhokseumawe

Analisaaceh.com, Lhokseumawe | Geuchik Gampong Punti Kecamatan Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara dikabarkan mangkir dari…

18 jam ago

Maju Pilkada, Salman Alfarisi Mendaftar ke Demokrat Abdya

Analisaaceh.com, Blangpidie | Salman Alfarisi menyerahkan berkas pendaftaran sebagai bakal calon bupati ke Dewan Pimpinan…

22 jam ago

Bawa Gading Gajah, 2 Warga Pidie Ditangkap Polisi

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Personel Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Aceh menangkap dua pelaku tindak…

1 hari ago