Ini Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Saat Berpuasa

ilustrasi olahraga/copyright Shutterstock

Berpuasa bukanlah alasan untuk tidak menjaga kebugaran tubuh. Salah satu cara menjaga kebugaran tubuh adalah melakukan olahraga secara rutin.

Namun, ada kalanya orang enggan melakukannya karena takut kelelahan dan tambah lapar. Inilah dia olahraga yang aman dilakukan saat berpuasa tanpa takut kelelahan.

1. Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang baik dilakukan saat puasa. Jika kayuhan nya dilakukan dengan benar, bersepeda dapat melancarkan aliran darah.

Selain itu, bersepeda dapat mengencangkan otot yang lemas karena seharian enggak makan dan minum. Bersepeda juga menghasilkan hormon endorfin yang membuat anda merasa lebih senang dan bersemangat.

Apabila kamu tidak ingin melakukannya saat siang hari, kamu juga bisa melakukannya menjelang sahur atau sesudah sahur.

Saat berpuasa, anda dapat melakukan bersepeda berkeliling komplek atau bisa juga dengan sepeda statis. Apabila biasanya anda bersepeda selama berjam-jam, saat berpuasa intensitas nya bisa dikurangi menjadi 15-20 menit saja.

2. Yoga

Yoga dapat memperbaiki postur tubuh dan membuat pikiran menjadi lebih tenang . Selain itu, Yoga juga berfungsi untuk mempercepat proses detoksifikasi. Berpuasa pun merupakan salah satu aktivitas yang membantu tubuh mengeluarkan racun, sehingga cocok dipadukan dengan olahraga Yoga.

Selama bulan puasa, sebaiknya lakukan gerakan yang tidak terlalu berat. Waktu terbaik melakukan yoga saat berpuasa adalah satu jam sebelum berbuka puasa atau dua jam sebelum sahur, karena saat itu perut masih dalam keadaan kosong.

3. Jalan Santai

Jalan santai juga bisa anda lakukan saat berpuasa sambil ngabuburit. Anda dapat berjalan santai saat 30 menit sebelum waktu berbuka puasa.

Jalan santai membantu membakar kalori tanpa takut kelelahan, selain itu juga bagus untuk kesehatan jantung. Olahraga ini juga bisa membantu mengontrol gula darah saat berpuasa.

4. Joging

Joging merupakan olahraga kardiovaskuler, sehingga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Olahraga jogging ini juga dapat membantu membakar lemak menjadi energi dan menurunkan berat badan, Olahraga ini bisa dilakukan dengan treadmill atau berlari ringan di sekitar rumah saat cuacanya bagus.

Sebaiknya joging saat berpuasa dilakukan maksimal selama 30 menit per hari, dan dilakukan menjelang berbuka puasa.

Nah itulah dia olahraga yang cocok dan aman dilakukan saat berpuasa. Sekarang tidak perlu mager (red:malas gerak) lagi berolahraga kan?

Editor : Nafrizal