Categories: ACEH BESARNEWS

Kandang Terbakar, Seekor Sapi Mati Terpanggang di Aceh Besar

Analisaaceh.com, Jantho | Seekor sapi milik Sofian (45), warga Gampong Aneuk Galong Baro, Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar mati dalam kondisi hangus terpanggang di dalam kandangnya yang mengalami kebakaran, Sabtu (17/10/2020) dini hari.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Farhan AP melalui personil Pusdalops, Maswani mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar 00:41 WIB.

“Petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Induk Sibreh menerima informasi yang disampaikan oleh warga masyarakat, bahwa tentang adanya kejadian kebakaran kandang sapi milik warga setempat,” katanya.

Setelah menerima informasi tersebut, kata Maswani. Petugas langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan.

“Setiba petugas di lokasi kejadian sebahagian besar kandang sapi sudah habis terbakar dikarenakan konstruksi kandang dari kayu, jadi api dengan cepat merambat mengabisakan kandang tersebut,” ujarnya.

Dalam kejadian tersebut, satu ekor sapi milik korban ikut terbakar, sedangkan satu lagi berhasil melepaskan diri dari kandang dan selamat. “Menurut keterangan pemilik, selama ini beliau mengandangkan sapi sejumlah dua ekor dalam kandang itu,” sebut Maswani.

Maswani mengungkapkan, sejauh ini penyebab kebakaran itu diduga kuat awalnya memang sengaja dibakar oleh pemiliknya untuk penguapan kandang sapi. Dikarenakan faktor angin, api sisa penguapan tersebut menjalar kebagian kandang yang mudah terbakar.

“Kejadian terjadi pada dini hari, saat pemiliknya sudah pulang ke rumah untuk istirahat dan tidak lagi berada di kandang sapinya,” jelas Maswani.

Petugas berhasil menjinakkan sijago merah sekitar pukul 01:30 WIB. Atas peristiwa tersebut, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Editor : Nafrizal
Rubrik : ACEH BESAR
Redaksi

Editor Analisaaceh.com

Komentar

Recent Posts

Warga Kota Banda Aceh yang Nikah Di MPP Langsung Dapat KTP dan KK

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Warga Kota Banda Aceh yang menikah di Mall Pelayanan Publik (MPP)…

6 jam ago

Pendaftaran Pasangan Calon Gubernur Independen Dibuka 5 Mei 2024

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Komisi Pemilihan Independen (KIP) Aceh akan membuka pendaftaran bakal pasangan calon…

6 jam ago

Relawan Pro MK Deklarasi Dukung Muzakir Manaf Cagub Aceh di Pilkada 2024

Analisaaceh.com, Lhokseumawe | Sejumlah anak muda-mudi di Kota Lhokseumawe yang menamakan diri relawan Pro Mualem…

2 hari ago

Simpan Sabu, Seorang Pria di Aceh Selatan Ditangkap Polisi

Analisaaceh.com, Tapaktuan | Seorang pria berinisial TW (31) warga Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan ditangkap…

2 hari ago

Tingkat Kepatuhan Perokok di KTR di Aceh Berkurang Lantaran Tak Ada Sanksi

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Aceh Institute menyatakan tingkat kepatuhan masyarakat di Aceh dalam konteks pengendalian…

2 hari ago

Tabrakan di Peukan Bada, 2 Pengendara Motor Meninggal

Analisaaceh.com, Aceh Besar | Dua pengendara motor meninggal usai tabrakan di Jalan Cut Nyak Dien…

2 hari ago