KWT Raseuki Seumula Binaan PT PIM Panen Perdana Tanaman Hortikultura

KWT Raseuki Seumula binaan PT PIM panen perdana sayuran bagian program CSR dalam menyukseskan program Gampong Tani Sehahtera di Desa Tambon Baroh, Dewantara, Aceh Utara, Rabu (29/9)

Analisaaceh.com, Lhoksukon — Kelompok Wanita Tani (KWT) ‘Raseuki Seumula’ binaan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) melakukan kegiatan panen perdana tanaman percobaan jenis Holtikultura di Desa Tambon Baroh, Dusun III Perdamaian Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Program yang menggandeng Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Dewantara ini bagian dari kegiatan Community Sosial Responsibility (CSR) dalam menyukseskan program “Gampong Tani Sejahtera”.

Panen perdana sayuran di atas lahan non produktif, dihadiri Ketua BPP Kecamatan Dewantara, Rahmat Kartolo didampingi staf penyuluh Murhadi dan Rahmi. Hadir pula perwakilan dari Management PT Pupuk Iskandar Muda yakni Senior Vice President Saifuddin Noerdin, Plt. AVP PKBL & Humas Jufri, Staf Management & Perawatan Aset Nasruddin dan Kepala Dusun III Tambon Baroh Muhammad Ja’far Abdullah.

Plt. AVP PKBL Jufri dalam keterangan tertulis , Rabu (29/9/21) menyampaikan, program ini dilakukan sesuai dengan rekomendasi hasil pemetaan sosial (Social Mapping) Tahun 2021 serta untuk mendukung tercapainya program penilaian kinerja keberhasilan Proper Hijau Perusahaan dan terselenggaranya program CSV (Create Share Value)  untuk mendukung core business Perusahaan dengan komitmen atas kesepakatan pilar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) bidang Sosial, Ekonomi, & Lingkungan.

“Keberhasilan program Gampong Tani Sejahtra ini tidak lepas dari kerja sama yang baik dengan instansi pertanian tingkat kecamatan dalam hal ini BPP Dewantara dibawah kepemimpinan Bapak Rahmad Kartolo dan Bapak Murhadi serta PPL lainnya. Kita menjadi satu tim yang bukan hanya sekedar kerjasama akan tetapi sama-sama bekerja dalam hal menyukseskan program pemberdayaan masyarakat tani di Desa Tambon Baroh, terimakasih dukungannya dan harapan kami sinergisitas ini tetap berjalan kedepannya,” kata Jufri.

Ketua BPP Kecamatan Dewantara Rahmat Kartolo menyampaikan, pihaknya sangat senang atas terjalinnya sinergitas program antara instansi pertanian dalam hal ini BPP Kecamatan Dewantara dengan PT Pupuk Iskandar Muda.

Melalui dukungan dan pendampingan rutin yang dilakukan bersama dan peranan Penyuluh Pertanian lapangan serta tidak terlepas dari peran CDO (Community Development Office) Universitas Gadjah Mada Ibu Antika Sukma yang bertindak sebagai pendamping program TJSL/CSR PT PIM.

“Dengan lahan seluas 400 Mmilik salah satu anggota Kelompok Wanita Tani “Raseuki Semula” mampu menjadikan lahan yang semak belukar yang tidak produktif menjadi sebuah kebun yang sangat produktif dengan memperoleh hasil panen hari ini yang sangat baik sesuai target. Terimakasih PT PIM yang telah peduli terhadap sektor pertanian dalam memberdayakan masyarakat sekitar, semoga ini menjadi awal yang bagus dan berkelanjutan” ujarnya.

Pada kesempatan ini Senior Vice President, Saifuddin Noerdin juga berpesan Semoga Tim tetap solid, kerjasama antar lembaga perlu ditingkatkan sehingga program-program seperti ini bisa berlanjut.

Ketua Kelompok Wanita Tani Raseuki Seumula, Maikurniawati menjelakan bahwa aktifitas bertani ini sudah berjalan kurang lebih 3 bulan yang lalu dengan dukungan penuh dari PT Pupuk Iskandar Muda dan Instansi pertanian BPP Kecamatan Dewantara. Dengan beranggotakan 15 orang yang terdiri dari ibu-ibu yang mendapat pendampingan penuh dari TIM TJSL PT PIM, Ka. BPP Rahmat Kartolo dan Murhadi juga Rahmi

“Hasil panen tanaman percobaan ini akan kita bagi-bagikan kepada anggota kelompok dan masyarakat yang ada disekitar kebun untuk dapat merasakan hasil yang sudah kita tanam. Dua minggu kedepan kita juga akan meresmikan penanaman varietas lainnya yang sudah disemai di rumah bibit dan siap ditanam dilahan yang sudah dipersiapkan, semoga program yang diinisiasi oleh TJSL/CRS PT PIM yang bekerja sama dengan BPP Kec. Dewantara bisa berjalan sesuai harapan” imbuhnya.

“Terimakasih untuk semua yang terlibat dalam program ini terutama PT PIM juga BPP Kecamatan Dewantara. Kami sangat senang atas kepedulian PT PIM kepada kami kaum ibu-ibu yang memang butuh kegiatan untuk memberdayakan dan meningkatkan ekonomi keluarga” tandasnya.

Editor : Nafrizal
Rubrik : ACEH UTARA
Berita sebelumyaPemuda yang Tenggelam di Sungai Pulo Hagu Pidie Ditemukan Meninggal Dunia
Berita berikutnyaAgen dan Pembeli Chip Domino di Aceh Timur Ditangkap Polisi