Liputan Khusus : Pemilihan Keuchik Langsung Serentak dan Damai Sukses di Kec. Labuhanhaji, Ini Hasilnya;

0
7
Pelaksanaan Pemilihan Keuchik Langsung di Gampong Hulu Pisang. Terlihat dari kejauhan Gusmawi Mustafa. Camat Labuhanhaji menyapa panitia.

Aceh Selatan, analisaaceh.com – Pasca Deklarasi Pemilihan Keuchik Langsung Serentak dan Damai, di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kec. Labuhanhaji Kab. Aceh Selatan, Selasa 11/06/2019 yang lalu, media analisaaceh.com terus memantau di lapangan dan media sosial setiap proses tahapannya sampai selesai.

Pantauan media analisaaceh.com pasca deklarasi tersebut hingga hari ini Rabu 19/06/2019, pelaksanaan Pemilihan Keuchik Langsung Serentak dan Damai di enam Kantor Keuchik Kec. Labuhanhaji Kab. Aceh Selatan, sukses terlaksana sesuai MOU Perserta Pilchiksung, UU No. 11 Tahun 2006 dan Qanun Aceh No. 4 Tahun 2009.

Berikut Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Keuchik Langsung di Kec. Labuhanhaji Kab. Aceh Selatan yang berhasil dihimpun analisaaceh.com:

Infrografis Hasil Pilciksung Kecamatan Labuhanhaji oleh Fatihul Jihad

Ketua Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) Gampong Padang Bakau Ir. Akhyar Yuni mengatakan, tingkat partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya untuk priode ini mengalami peningkatan.

“Pada Pemilihan Keuchik sebelumnya, partisipasi masyarakat Gampong Padang Bakau yang berada di Kampung sekitar 85%. Sedangkan untuk pemilihan Keuchik tahun 2019 ini partisipasi masyarakat untuk menggukan hak pilihnya naik hingga lebih 90%”. Kata Akhyar.

Terkait adanya surat suara yang tak terpakai, Ketua P2K Gampong Padang Bakau Ir. Akhyar Yuni menerangkan banyak warga Gampong Padang Bakau yang melanjutkan pendidikan keluar daerah. Sebagian lagi mencari nafkaf hingga ke negri jiran.

Saat berpapasaan dengan Camat Labuhanhaji Gusmawi Mustafa di Kantor Keuchik Gampong Hulu Pisang, Gusmawi membenarkan pernyataan Ketua P2K Gampong Padang Bakau.

Gusmawi mengatakan, “Saat ini banyak warga Labuhanhaji yang merantau mecari rezeki ke Ibukota (Jakarta), ke negeri tetangga seperti Malaysia, Medan dan  ke beberapa daerah Kab/Kota lainya, baik di Aceh juga di luar Aceh.”

“Tak sedikit pula putra-putri Labuhanhaji melanjutkan pendidikan diluar  Kec. Labuhanhaji. Apakah itu melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA sederajat maupun melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi,” jelas Gusmawi Mustafa panjang lebar.

“Mengenai tahapan dan proses pemilihan Keuchik itu sendiri berjalan dengan baik dan aman serta tanpa ada kendala apapun,” Tegas Gusmawi.

“Dibuktikan sejak mulai tahapan hingga selesainya proses Pemilihan Keuchik Langsung se Kec. Labuhanhaji, pihak kami (Muspika) selaku pengawas di tingkat Kecamatan tidak menerima laporan dari masyarakat,” Pungkas Ogek sapaan akrab Gusmawi Mustafa. (FJ)