Categories: EKONOMI

Login www.pln.co.id Cara Dapatkan Layanan Token Listrik Gratis/Diskon PLN Stimulus Covid-19

Pemerintah melalui PLN telah melaksanakan tugas dari pemerintah untuk memberikan keringanan Tagihan Listrik bagi pelanggan Rumah Tangga 450 VA dan 900 VA Subsidi. Pada bulan Mei 2020 merupakan bulan kedua bagi masyarakat miskin dan masyarakat kurang mampu untuk klaim token listrik gratis dan diskon biaya listrik.

Untuk pelanggan daya 450 VA prabayar dapat memperoleh Dapatkan Layanan Token Listrik Gratis/Diskon PLN Stimulus Covid-19 tersebut dengan Cara mengirim ID pelanggan ke nomor Whatsapp 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id.

Demikian pula bagi pelanggan daya 900V bersubsidi kategori prabayar, token gratis 50 persen dapat diperoleh dengan melalui Whatsapp atau website PLN. Diskon yang diberikan senilai dengan pemakaian bulanan tertinggi selama tiga bulan terakhir.

Sementara untuk kategori pasca-bayar, pelanggan daya 900V bersubsidi akan secara otomatis mendapatkan potongan biaya listrik sebesar 50 persen pada bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan token listrik gratis tersebut? Ada dua cara untuk mengakses listrik gratis dan diskon 50 persen yakni melalui website PLN dan Whatsapp PLN.

Berikut adalah cara untuk mendapatkan token gratis dan diskon 50 persen melalui website PLN:

  1. Buka dan login Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
  2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
  3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Sementara itu, untuk mendapatkan token gratis dan diskon 50 persen melalui Whatsapp, Anda dapat menempuh langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
  3. Token gratis akan muncul
  4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Dan berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.
 
Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan. sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.
 
“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut” Ungkap Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka.
 

Listrik gratis 6 Bulan berlaku pada Mei, Juni, Juli, Agustus, September dan Oktober 2020.

Dikutip dari informasi dari Instagram resmi milik perusahaan PLN @pln_id, PLN akan mendata pelanggan Bisnis Kecil dan Industri Kecil untuk program ini.

“Hai Electrizen, Ada kabar gembira untuk Pelanggan Bisnis Kecil dan Industri Kecil karena akan mendapatkan Listrik Gratis selama 6 Bulan dari Pemerintah.

Presiden Joko Widodo memperluas program perlindungan rakyat yang terdampak akibat Pandemi COVID-19 dan mengupayakan pemulihan ekonomi, terutama di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah.

PLN telah siapkan mekanisme teknis penggantian tagihan listrik bagi pelanggan Bisnis skala Kecil (B1) dan Industri skala Kecil (I1) yang memiliki sambungan daya 450VA, termasuk di antaranya 500 ribu Pelanggan berbasis token.

Proses tersebut akan memakan waktu sekitar 12 jam sampai seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan token gratis terdata.

Nantinya token yang sudah tersedia langsung bisa digunakan. PLN pastikan bahwa pada hari Minggu, 3 Mei 2020, seluruh token sudah di-generate, sehingga program ini langsung dirasakan manfaatnya, sejalan dengan semangat berpihak dan peduli yang disampaikan Bapak Presiden.” tulis IG resemi @pln_id, Rabu (6/5) malam WIB.

Editor : Nafrizal
Rubrik : EKONOMI
Maheza

Komentar

Recent Posts

Ini Penjelasan ESDM Aceh, Kajian Hidrogeologi dan Hidrometeorologi terhadap Fenomena Kekeringan di Lhoknga

Analisaaceh.com, Aceh Besar | Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh, Ir. Mahdinur, MM…

1 hari ago

Seorang Nenek di Langsa Diduga Jadi Korban Perampokan

Analisaaceh.com, Langsa | Chairani (63) seorang wanita berusia lanjut warga Gampong Timbang Langsa Kecamatan Langsa…

2 hari ago

Ratusan Rohingya Dipindahkan dari BMA Banda Aceh

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Ratusan etnis Rohingya yang sebelumnya telah menempati Balai Meseuraya Aceh (BMA)…

3 hari ago

Pertanahan Kota Langsa Gelar Seminar Seni Jurnalistik Era Digital

Analisaaceh.com, Langsa | Kantor Pertanahan Kota Langsa menggelar seminar strategi komunikasi di lingkungan instansi setempat…

3 hari ago

PJ Gubernur Aceh Lantik Azhari Sebagai PJ Wali Kota Subulussalam

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Penjabat Gubernur (PJ) Aceh Bustami Hamzah melantik Azhari sebagai Penjabat Wali…

3 hari ago

25 Anggota PPK Kota Langsa Dilantik

Analisaaceh.com, Langsa | Sebanyak 25 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam wilayah Kota Langsa untuk…

3 hari ago