Categories: Uncategorized

Pemkab Aceh Utara Sesalkan Tak Ada Utusan SMK di Ajang FLS Aceh

Analisaaceh.com, Lhokseumawe – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyesalkan tidak adanya peserta dari Aceh Utara yang mengikuti lomba pada Festival Literasi Sekolah (FLS) jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang digelar oleh Dinas Pendidikan Aceh pada akhir Juni 2019.

“Kita sesalkan karena tidak ada peserta dari SMK-SMK di Aceh Utara (untuk mengikuti kegiatan FLS tingkat Aceh-red), sehingga sedikit banyaknya telah mendapat sorotan dari Kepala Disdik Aceh saat penutupan acara tersebut di Banda Aceh,” ungkap Kabag Humas Sekdakab Aceh Utara, Andree Prayuda, MAP, dalam rilisnya, Senin, 1 Juli 2019.

Hal itu diungkapkan Andree guna menanggapi berita pada sebuah situs berita media online berjudul ‘Kepala Dinas Pendidikan Aceh Kecewa Dengan Aceh Utara’ yang mengutip sambutan Kepala Disdik Aceh saat penutupan FLS tersebut di sebuah hotel di Banda Aceh pada 29 Juni 2019.

Kata Andree, untuk diketahui masyarakat bahwa pembinaan sekolah-sekolah setara SLTA sekarang berada di bawah manajemen Dinas Pendidikan Provinsi, dalam hal ini termasuk sekolah-sekolah SMK yang ada di Aceh Utara semuanya berada di bawah Dinas Pendidikan Aceh.

Hal senada juga dituturkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Utara Saifullah, MPd. Menurut Saifullah, kegiatan FLS tersebut adalah kegiatan jenjang SMK se-Provinsi Aceh. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, maka pengelolaan SMA/SMK sepenuhnya menjadi wewenang Pemerintah Provinsi.

“Kalau ada SMK di Kabupaten/Kota yang tidak mengirimkan peserta pada kegiatan tersebut, seharusnya Kepala Dinas Pendidikan Aceh bukan kecewa terhadap Kabupaten/Kota karena SMA/SMK bukan kewenangan Kabupaten/Kota, tetapi beliau seharusnya kecewa kepada Kepala SMK selaku bawahan beliau,” ungkap Saifullah. (hidayat)

Desriadi Hidayat

Komentar
Share
Published by
Desriadi Hidayat

Recent Posts

Anies – Muhaimin Ucapkan Terimakasih ke Masyarakat Aceh

Analisaaceh.com , Banda Aceh | Mantan calon presiden (Capres) Anies Baswedan dan calon wakil presiden…

33 menit ago

Warga Melaporkan Pengguna Narkoba via WhatsApp, 6 Pelaku diCiduk

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Menindaklanjuti laporan warga, Satres Narkoba Polresta Banda Aceh melakukan penindakan dan…

37 menit ago

Harga Anjlok Hingga Sepi Pembeli, Nelayan Lampulo Terpaksa Buang Ikan

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Harga ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lampulo tergolong murah, sehingga…

23 jam ago

KIP Langsa Tetapkan Perolehan Kursi Calon DPRK Terpilih

Analisaaceh.com, Langsa | Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa menetapkan perolehan kursi partai dan 25…

24 jam ago

Bayi Laki-laki Ditemukan Warga di Dalam Kamar Mandi Masjid di Langsa

Analisaaceh.com, Langsa | Warga di sekitar Masjid Baiturrahman, Gampong Buket Meutuah, Kecamatan Langsa Timur, Kota…

1 hari ago

LPSE Error, KAPPRA Lakukan Protes di Depan Kantor Gubernur

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Massa dari Kesatuan Aksi Pemuda Peduli Rakyat Aceh (KAPPRA) melakukan protes…

1 hari ago