Puspaga Kota Banda Aceh Bagi Tips Bagi Anda yang Ingin Menikah

Jangan Dikit-dikit Cerai

Foto:Koordinator Psikolog/Konselor PUSPAGA Kota Banda Aceh Hanna Amalia, M.Psi

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Selain memantapkan hati mengenai calon pasangan yang Anda pilih untuk menikah dan hidup bahagia selamanya, ada beberapa hal yang penting menjadi persiapan sebelum menikah.

Menikah bukanlah hal yang mudah dilalui (tapi jugg bukan untuk ditakuti). Anda sendiri harus memiliki beberapa pertimbangan (persiapan) sebelum masuk ke jenjang yang lebih serius dengan pasangan. Hal apa yang harus Anda pikirkan dan putuskan sebelum menikah?

Nah, menjawab persoalan tersebut, Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Kota Banda Aceh turut berbagi tips bagi Anda yang hendak melanjutkan ke jenjang pernikahan.

Koordinator Psikolog/Konselor PUSPAGA Kota Banda Aceh Hanna Amalia, M.Psi menyebutkan ada beberapa tips yang harus dipersiapkan ketika anda hendak menikah.

Menurutnya, selain mempersiapkan fisik dan materi menjelang pernikahan, hal penting lainnya adalah persiapan mental menghadapi pernikahan (salah satu persiapan mental adalah dengan mempelajari ilmu- ilmu yang berkaitan dengan pernikahan)

Selain itu, hal lain yang harus dipersiapkan ialah pemahaman mengenai hiruk-pikuk kehidupan dalam rumah tangga.

“Jadi artinya kalau memang sudah siap menikah mulai rajin-rajin cari seminar atau ilmu-ilmu terkait kehidupan setelah menikah,” ungkapnya dalam kegiatan konseling pranikah, di sekretariat PUSPAGA, Rabu (15/9/2021).

Hal lain yang tak kalah penting kata Hanna ialah menyamakan visi dan misi dengan pasangan anda. Pasalnya, kalau visi misinya sudah berbeda itu akan sulit.

“Ibarat kita ingin pergi tapi tujuannya tidak sama, yang satu ke gunung satunya lagi ke laut, pasti sulit,” lanjutnya.

Menurutnya, permasalahan dalam keluarga itu pasti akan selalu ada, namun yang paling penting ialah cara menghadapinya dan meminimalisir terjadinya permasalahan.

“Paling tidak kita bisa meminimalisir dan menghadapi permasalahan yang ada. Jadi tidak ujung-ujungnya dikit-dikit cerai.” Pungkasnya.

Berita sebelumyaPemerintah Aceh Gelar Rakor Persiapan PORA Pidie