Seleksi Peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2019, Berikut Persyaratannya

Analisaaceh.com, BANDA ACEH | Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh bekerjasama dengan DPD PPMI Aceh akan mengelar seleksi peserta Jambore Pemuda Indonesia 2019. Pelaksanaan seleksi ini sendiri untuk menjaring pemuda-pemudi terbaik Aceh yang akan mewaliki Provinsi Aceh pada event Nasional yang dilaksanakan oleh Kemenpora RI ini. Jambore Pemuda Indonesia (JPI) pada tahun ini akan dilaksanakan di Kota Tondano, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara pada 31 Oktober s/d 6 November 2019 mendatang.

Jambore Pemuda Indonesia (JPI) merupakan sebuah kegiatan jambore yang mengumpulkan pemuda dari 34 Provinsi di Indonesia. Jambore ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merekatkan persatuan pemuda seluruh Indonesia dan mampu mengenal kebudayaan di Indonesia secara menyeluruh. Dalam event tersebut , para pemuda-pemudi terbaik Indonesia akan memperkenalkan adat budaya dari setiap setiap provinsi masing-masing.

Deni Setiawan, SH menjelaskan, PPMI Aceh yang merupakan organisasi tempat berhimpunnya para alumni JPI, beliau mengharapkan agar para pemuda pemudi terbaik Aceh bisa memanfaatkan kesempatan ini.

“Harapan kita, pemuda-pemudi Aceh bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, kami yakin dan percaya teman-teman yang terpilih nanti mampu mengharumkan nama Aceh di kancah Nasional, ayo menjadi yang terbaik untuk mewakili Aceh di Manado akhir Oktober nanti” pungkas Deni Setiawan selaku Ketua DPD PPMI Aceh saat ditanya melalui pesan WhatsApp, Selasa (3/9).

Deni menambahkan, pelaksanaan seleksi tersebut akan dilaksanakan mulai 5 september s/d 2 Oktober 2019. Dimulai dari pendaftaran online melalui website resmi DPD PPMI Aceh www.dpdppmiaceh.com, seleksi administrasi, seleksi tertulis dan wawancara hingga pengumuman kelulusan. Dalam penyeleksian nantinya para pemuda-pemudi yang dipilih adalah yang memiliki kriteria mampu memguasai kesenian daerah, memiliki wawasan kebangsaan yang luas dan ada beberapa kriteria lainnya. Pada akhirnya nanti akan dipilih 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan yang akan membawa nama Aceh pada Event Nasional tersebut.

Berikut persyaratan Seleksi peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Pada Tanggal 31 oktober  – s.d  06 November 2019 di area stadion Maesa Kota Tondano Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara :

  1. Warga negara Indonesia Pria/Wanita berusia 18 – 25 Tahun (dibuktikan dengan foto akte kelahiran)
  2. Mengisi formulir dan menyertakan Curriculum Vitae (CV)
  3. Belum pernah menikah ( dibuktikan dengan Surat keterangan belum menikah dari kantor keuchik )
  4. Pendidikan minimal SLTA ( Dibuktikan dengan fotocopy ijazah )
  5. Berkelakuan baik, dibuktikan dengan SKCK dari pihak kepolisian ( Dilengkapi setelah dinyatakan lulus seleksi)
  6. Sehat jasmani, rohani, tidak pernah terlibat penyalahgunaan narkoba dan HIV/AIDS ( Dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter )
  7. Sanggup mengikuti seluruh rangkaian pembekalan ( dinyatakan dengan surat pernyataan )
  8. Menyerahkan pas photo berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
  9. Memiliki wawasan bidang politik, pertahanan dan keamanan dan bahaya destruktif / lingkungan sosial budaya dan hukum
  10. Memiliki pemahaman / keterampilan kesenian budaya aceh
  11. Dapat mempromosikan / memperagakan produk khas / unggulan daerah
  12. Pengurus / anggota aktif dalam salah satu organisasi kepemudaan ( dibuktikan dengan surat keterangan dari organisasi)
  13. Dapat berkomunikasi bahasa inggris (aktif/pasif)
  14. Mampu berkomunikasi, termasuk menggunakan internet dan media sosial ( SMS, Facebook, WA, Email Dll )
  15. Menampilkan bakat yang dimiliki dalam bentuk Video yang di upload ke youtube dengan durasi 2 – 5 menit , selanjutnya link tersebut dilampirkan dalam formulir pendataran
  16. Membuat tulisan dengan topik kepemudaan, kebudayaan , pariwisata, kepemimpinan, syariat islam, (pilih salah satu). Tulisan menggunakan microsoft word dengan kertas ukuran A4, spasi 1,5 dengan margin (3x3x4x3) dan font times news roman ukuran 12 sebanyak  7 – 10 lembar.
  • Persyaratan dimasukkan dalam map berwarna biru ( Untuk pria ) dan map berwarna merah ( Untuk wanita).
  • Pendaftaran dibuka mulai tanggal 05 September – 18 September 2019 melaui website www.dpdppmiaceh.com.
  • Pengumuman seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 23 september 2019 melalui website www.dpdppmiaceh.com.
  • Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi agar dapat melakukan pendaftaran ulang sekaligus mengambil nomer ujian pada tanggal 24 september 2019 di bidang kepemudaan Dinas Pemuda Dan Olah Raga Aceh pada setiap jam kerja.
  • Seleksi tertulis dan wawancara pada tanggal 28 s.d 29 September 2019
  • Pengumuman seleksi tertulis dan wawancara akan di umumkan pada tanggal 02 oktober 2019
  • Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdr. Hendri Chandra Irawan, SE. 0895600224348 (Plh Kepala Seksi Pemberdayaan Organisasi Kepemudaan.) Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda Dan Olah Raga Aceh pada setiap jam kerja atau Sdr. Deni Setiawan, S.H (085260229251). DPD PPMI Aceh.