Wakil Bupati Aceh Selatan Lantik 105 Keuchik

Wakil Bupati Aceh Selatan Lantik 105 Keuchik Selatan (foto/Ngoeh)

Tapaktuan, analisaaceh.com – Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, Selasa (16/7/2019) melantik sebayak 105 kepala Desa (Keuhcik) yang terpilih pada Pilciksung serantak 19 Juni 2019 di wilayah Kabupaten Aceh Selatan, di Gedung Rumoh Agam, Tapaktuan, Aceh Selatan.

Pengabilan sumpah jabatan langsung dibaca oleh Wabup Aceh Selatan Tgk, Amran. Turut hadir diantaranya yakni, Sekda Nasruddin, Ketua DPRD Aceh Selatan, T Zulhelmi, Kejari Aceh Selatan, Munif, SH, MH, para Asisten, kepala SKPK, camat, dan 105 Keuchik yang dilantik serta seluruh tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, mengatakan para keuchik yang baru dilantik dituntut untuk mampu menumbuhkembangkan partisipasi dan peran serta memberikan pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintah.

“Tujuannya pembangunan yang dilaksanakan di gampong agar rapat terpenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat secara menyeluruh,” katanya.

Selain itu, Wabup Tgk Amran, menekankan keuhcik agar mencerminkan harapan masyarakat ke arah yang lebih baik dalam menjalankan tugas lebih visioner, kreatif dan inovatif. Manfaatkan yang telah diatur dalam undang-undang untuk kesejahteraan masyarakat.

“Keuhcik ditutut untuk mampu menggali dan mengelola sumber daya alam dan manusia yang dimiliki masing-masing gampong,” harapnya.

Dia berharap, keuchik yang baru dilantik untuk dapat segara menyusun RPJMG tahun 2019-2025 dan rencana kerja kedepan yang memuat visi/misi yang telah disampiakan atau dijanjikan kepada masyarakat gampong.

“Kami Pemerintah Aceh Selatan mengucapkan selamat bertugas, kita harap agar Keuhcik dapat mengikuti prosedur serta mekanisme mengelola dana desa sehingga pelaksanaan dapat berjalan efektif,” tegasnya. []