5 Manfaat Bersepeda yang Jarang Diketahui

Manfaat bersepeda yang mungkin belum anda ketahui.


Analisaaceh.com | Kegiatan bersepeda akhir-akhir ini menjadi sebuah trend. Tidak hanya bersepeda untuk olahraga, bersepeda juga menjadi salah satu transportasi untuk pergi dan pulang kantor atau ke tempat lainnya. Banyak pula yang menjadikan bersepeda sebagai hobi.

Apalagi saat ini, banyak event bersepeda bersama dan Car Free Day yang juga sering dijadikan ajang untuk bersepeda. Ternyata, bersepeda memiliki banyak manfaat yang tidak terduga.

Apa sajakah manfaat bersepeda yang tidak terduga? Cek di bawah ini ya.

1. Mencegah Kanker

Dilansir dari situs betterhealth, Banyak peneliti telah mempelajari hubungan antara olahraga ini dan kanker, terutama kanker usus besar dan payudara. Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda bersepeda, kemungkinan kanker usus berkurang.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa bersepeda teratur dapat mengurangi risiko kanker payudara.

2. Baik Untuk Kesehatan Mental

Salah satu manfaat bersepeda adalah dapat membuat kesehatan mental menjadi lebih baik. Kondisi kesehatan mental seperti depresi, stres dan kecemasan dapat dikurangi dengan mengendarai sepeda secara teratur.

Hal ini disebabkan oleh efek dari latihan itu sendiri dan karena sensasi menyenangkan yang didapat saat bersepeda. Selain itu, bersepeda juga dapat memperbaiki kualitas tidur yang dapat berpengaruh pada kesehatan mental kita.

3. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular termasuk stroke, tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan meningkatkan fungsi jantung, paru-paru, dan sirkulasi darah, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi Denmark yang dilakukan selama 14 tahun dengan 30.000 orang berusia 20 hingga 93 tahun menemukan bahwa bersepeda secara teratur melindungi orang dari penyakit jantung. Bersepeda dapat memperkuat otot jantung, menurunkan denyut nadi saat istirahat juga mengurangi kadar lemak darah.

Kabar baik untuk anda yang suka bersepeda ke kantor, karena penelitian juga menunjukkan bahwa orang-orang yang bersepeda ke kantor memiliki paparan polusi dua hingga tiga kali lebih sedikit daripada penumpang mobil. Maka dari itu, fungsi paru-paru pun meningkat.

4. Memperlambat Proses Penuaan

Salah satu manfaat bersepeda lainnya adalah memperlambat proses penuaan manusia. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan makin kehilangan massa otot. Kemampuan otot kita untuk berkontraksi semakin berkurang karena lemak dan jaringan ikat.

Ketika manula berhenti beraktivitas dengan aktif, laju kehilangan otot semakin cepat dan menua lebih cepat. Dalam sebuah penelitian yang membandingkan kesehatan pengendara sepeda yang berusia antara 55 dan 79 tahun dengan kelompok pengendara sepeda yang sehat pada usia yang sama, pengendara sepeda ternyata lebih sehat.

Mereka telah mempertahankan massa dan kekuatan otot dibandingkan dengan yang tidak bersepeda, juga memiliki tingkat lemak tubuh yang stabil dengan kadar kolesterol yang lebih baik.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sejak usia 20 tahun, sel Thymus (sel yang bertanggung jawab pada sistem imunitas tubuh) terus menyusut sehingga sistem kekebalan tubuh kita pun menurun 2-3% setiap tahun.

Pada usia paruh baya, sel Thymus turun hingga 15% dari ukuran maksimumnya sehingga tubuh bergantung pada antibodi yang didapat dari melawan kuman selama bertahun-tahun.

Sebuah studi oleh Aging Cell menemukan bahwa 125 pengendara sepeda jarak jauh berusia 80-an memiliki sistem kekebalan yang kuat karena mereka memproduksi sel Thymus sebanyak seseorang di usia 20-an.

Aktivitas fisik seperti bersepeda dapat membantu tubuh mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran udara yang mengurangi kemungkinan masuk angin atau flu. Peningkatan suhu tubuh saat berolahraga juga mencegah bakteri tumbuh dan melawan infeksi.

Nah itu dia manfaat bersepeda yang bisa didapat bila melakukan bersepeda secara rutin. semoga manfaat-manfaat diatas membuat kita lebih rajin bersepeda ya.

Editor : Nafrizal
Rubrik : KESEHATAN