5 Manfaat Buah Durian yang Jarang Diketahui

Durian merupakan buah yang memiliki banyak penggemar, namun juga banyak pembencinya. Pasalnya buah ini memiliki rasa yang legit dan manis, namun banyak yang tidak tahan akan aromanya.

Buah yang dijuluki raja buah ini dapat diolah menjadi banyak jenis makanan yang menggugah selera, juga sangat nikmat dimakan segar.

Ternyata, durian mempunyai berbagai manfaat bagi tubuh. Berikut adalah manfaat buah durian yang jarang diketahui.

1. Sebagai Penambah Energi

Buah yang bercitarasa manis ini dapat menjadi sumber energi yang baik. Hal ini dikarenakan buah durian memiliki banyak kandungan karbohidrat yang merupakan bahan bakar tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Memakan 100 gram durian dapat memenuhi 21% dari kebutuhan karbohidrat harian. Maka dari itu, buah ini sangat bagus untuk menambah stamina tubuh.

2. Memperbaiki Masalah Pencernaan

Salah satu manfaat buah durian adalah dapat memperbaiki masalah pada pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat tinggi dalam buah durian.

Tingginya serat pada buah ini dapat melancarkan proses pencernaan serta membantu mengatasi sembelit. Kandungan Vitamin B1 (tiamin) pada buah durian juga dapat menjaga fungsi organ pada tubuh (termasuk pencernaan), serta meningkatkan nafsu makan.

3. Memperlambat Penuaan

Manfaat buah durian lainnya adalah memperlambat proses penuaan. Durian mengandung vitamin C yang kaya. Kandungan vitamin C pada dua biji durian lebih banyak daripada kebanyakan buah tropis.

Vitamin C inilah yang dapat membantu menjaga stres oksidatif yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Semakin rendah tingkat stres oksidatif, maka akan semakin lambat proses penuaan.

4. Mencegah Kanker

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab kanker.Buah durian mengandung antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas. Kandungan polifenol dalam buah durian ini dapat menghambat pertumbuhan kanker dan bahkan membunuh sel kanker.

Dalam sebuah penelitian (yang dilansir dari situs healthline.com) ekstrak durian dapat mencegah penyebaran sel kanker payudara. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

5. Dapat Mengobati Insomnia

Memakan buah durian dapat mengobati insomnia. Durian mengandung tryptophan (asam amino esensial.

Studi menunjukkan bahwa triptofan dapat membantu mengobati gangguan tidur jangka pendek.

Editor : Nafrizal
Rubrik : KESEHATAN