442 Pengawas TPS di Abdya Dikukuhkan

Keterangan Foto: Proses pelantikan pengawas TPS Kecamatan Susoh, Senin (22/1/2024). Foto: Analisaaceh.com/Ahlul Zikri

Analisaaceh.com, Blangpidie | Sebanyak 442 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 yang tersebar di 9 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilantik. Mereka dilantik oleh para komisioner dan sekretariat Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) masing-masing, Senin (22/1/2024).

Ketua Panwaslih Abdya, Hendra mengatakan, pengawas TPS adalah instrumen yang sengat penting dalam organisasi Panwaslu yang mana puncak dari pengawasan pemilu itu adalah pengawas TPS.

“Jadi, segala bentuk pengawasan itu akan dinilai dari berjalan atau tidaknya pemilu itu. Sebab, integritas kita akan dibuktikan juga bagaimana kita mengawasi Pemilu ketika berada di TPS,” ungkap Hendra.

Hendra berharap agar pengawas TPS dapat bertanggung jawab dan menjaga integritas lembaga dalam menjalankan tugas nantinya.

“Harapannya, pengawas TPS harus bertanggung jawab dan menjaga berintegritas lembaga,” ujarnya.

Hendra merincikan, dalam kecamatan Babahrot sebanyak 57 pengawas TPS, terdiri dari 34 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Kemudian, di Kecamatan Kuala Batee sebanyak 63 pengawas TPS yang terbagi 24 laki-laki dan 39 perempuan.

“Selanjutnya, dalam Kecamatan Jeumpa sebanyak 34 pengawas TPS terdiri dari laki-laki 15 orang dan perempuan 19 orang. Kemudian, di kecamatan Susoh sebanyak 74 orang pengawas TPS diantaranya laki-laki 38 orang dan perempuan 36 orang,” terang Hendra.

Kemudian, di kecamatan Blangpidie sebanyak 65 orang pengawas TPS yang terbagi laki-laki 37 orang dan perempuan 28 orang. Selanjutnya, di kecamatan Setia sebanyak 26 pengawas TPS diantaranya 11 orang laki-laki dan 15 orang perempuan.

Lebih lanjut, sebut Hendra, di kecamatan Tangan-tangan sebanyak 41 pengawas TPS terdiri dari laki-laki 7 orang dan perempuan 34 orang. Kemudian, di kecamatan Manggeng sebanyak 47 pengawas TPS yang terbagi laki-laki 16 orang dan perempuan 31 orang.

“Sedangkan di kecamatan Lembah Sabil sebanyak 35 pengawas TPS terdiri dari 17 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Jadi, jumlah keseluruhan pengawas TPS yang ddi 9 Kecamatan dalam kabupaten Abdya yang dilantik sebanyak 442 orang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Susoh, Herri Suherman mengucapkan selamat kepada semua pengawas TPS Se-Kecamatan Susoh yang telah menjalani serangkaian proses dan menjadi orang-orang terpilih dan resmi menjadi bagian dari Bawaslu RI sebagai insan pengawas TPS kecamatan Susoh.

“Semoga amanah ini akan dijalani dengan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara serta dengan keikhlasan,” ucapnya.

Herri menyebutkan, tahapan pemilu yang dijalani saat ini sangat beririsan dengan tahapan yang lainnya dan dituntut kesiapan dan perhatian pengawas TPS sepenuhnya untuk mengawasi proses Kampanye, DPTb dan DPK,

Lebih lanjut, kata Herri, keberadaan pengawas TPS sangat penting karena menjadi garda terdepan untuk mengawasi pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 ini dengan memiliki kewenangan pengawas TPS yang melekat dalam menjalankan tugas dan kewajiban.

“Oleh sebab itu, pengawas TPS dituntut untuk lebih banyak memahami aturan perundang-undangan pelaksanaan pungut hitung serta rekapitulasi baik secara mandiri maupun dari pembekalan yang diberikan oleh panwaslu kecamatan atau panwas Desa,” terangnya.

Herri berharap kepada para pengawas TPS yang sudah dilantik dan diambil sumpah janjinya bisa berkolaborasi yang baik dengan Panwascam untuk mengawasi pemilu.

“Harapannya, pengawas TPS dapat berkolaborasi dengan Panwascam dalam mengawasi proses pemilu serta membangun kerjasama dengan seluruh stek holder di wilayah kerja saudara masing-masing,” pungkasnya. (Ahlul)

 

Komentar
Artikulli paraprakPolda Aceh Tangkap Dua Tersangka Penjual Kulit Harimau
Artikulli tjetërDua Keuchik di Abdya Jadi Saksi Perkara PT CA