270 Petani Gampong Mata Ie Abdya Terima Pupuk Non Subsidi Gratis

Petani di Gampong Mata Ie, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Abdya menerima pupuk gratis, Rabu (5/6/2024). Foto:Analisaaceh.com/Ahlul Zikri

Analisaaceh.com, Blangpidie | Petani Gampong Mata Ie, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerima pupuk gratis jenis NPK Mutiara 16-16-16 non subsidi bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) program ketahanan pangan tahun 2024.

Keuchik Gampong Mata Ie, Junaidi ID mengatakan, petani yang menerima pupuk berjumlah 270 orang, dimana setiap masing-masing kepala rumah tangga yang memiliki lahan persawahan dan perkebunan mendapatkan 20 kilogram.

“Sebanyak 270 petani yang menerima pupuk gratis tahun ini. Semoga para petani bisa menggunakan pupuk ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan produktivitas hasil panen di tahun 2024,” ungkap Junaidi ID, Rabu (5/6/2024).

Junaidi menyebutkan, penyediaan pupuk non subsidi jenis NPK Mutiara 16-16-16 ini merupakan hasil musyawarah bersama warga gampong Mata Ie. Kemudian, bantuan pupuk kepada para petani ini merupakan program nasional.

Lebih lanjut, sebut Junaidi, nama-nama petani penerima pupuk bantuan ini dikeluarkan Surat Keputusan (SK) oleh Keuchik berdasarkan surat keterangan yang diberikan oleh petani atau pekebun yang ada dalam gampong Mata Ie kepada aparatur desa atau melalui Keujrun Blang.

“Harapannya, dengan pembagian pupuk non subsidi secara gratis ini dapat meringankan beban petani, sehingga hasil panen petani tahun ini lebih meningkat,” sebutnya.

Junaidi menjelaskan bahwa pemberian bantuan pupuk non subsidi jenis NPK Mutiara 16-16-16 ini merupakan program nasional untuk ketahanan pangan tahun 2024. Tujuannya, membantu meringankan beban petani dalam mengatasi kesulitan mendapatkan pupuk.

“Kami berharap dengan disalurkan pupuk non subsidi secara gratis ini dapat meningkatkan dan menunjang hasil pertanian kedepannya,” pungkas Junaidi.

 

Komentar
Artikulli paraprakPolda Aceh Tangkap 3 Pelaku Narkotika Jaringan Internasional Aceh – Thailand
Artikulli tjetërAnggota Komisi II DPRA Minta PLN Segara atasi Listrik Padam