Alma Ariella Tsany Raih Dua Emas Panjat Tebing di PON XXI

Alma Ariella Tsany, atlet cabang olahraga (cabor) panjat tebing pukau penonton di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

Banda Aceh | Atlet panjat tebing Alma Ariella Tsany berhasil memukau penonton di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut. Atlet asal Jawa Timur yang baru berusia 15 tahun ini meraih dua medali emas dalam cabang panjat tebing yang berlangsung di venue kompleks Stadion Harapan Bangsa pada Senin (16/9/2024).

Alma menghadapi persaingan ketat melawan sejumlah atlet tangguh. Meski meraih dua emas di nomor combine (boulder and lead) perorangan putri dan combined (boulder and lead) mix, ia harus puas dengan medali perak di nomor lead perorangan putri dengan skor 42+ dan waktu 4 menit 32 detik.

Di babak final nomor lead, Widia Fijianti dari Jawa Barat berhasil unggul dengan skor 43+, sementara Sukma Lintang Cahyani dari DIY meraih skor 42+ dengan waktu 4 menit 48 detik, mengamankan perunggu.

Kompetisi ini merupakan debut Alma di tingkat nasional, dan ia tidak menyangka langsung meraih emas pada penampilan perdananya. Alma mengaku awalnya sempat grogi melihat lawan-lawan yang lebih senior, namun tetap berjuang dengan fokus.

Ketertarikan Alma pada panjat tebing dimulai sejak usia 4-5 tahun. Meski sempat disarankan oleh orang tuanya untuk mencoba olahraga lain, Alma tetap teguh berfokus pada panjat tebing.

“Saya bilang sama Ayah, kalau Alma tetap fokus di panjat tebing,” ungkapnya.

Meski berhasil meraih perak di nomor lead, Alma merasa belum puas dan bertekad untuk terus berkembang. Ia bercita-cita untuk berkompetisi di ajang internasional seperti SEA Games. “Itu sih target ke depan,” ucapnya optimis.

Komentar
Artikulli paraprakTim Woodball Aceh Raih Emas Fairway Putra di PON XXI 2024
Artikulli tjetërExpo PON XXI Banda Aceh Peringati Maulid Nabi dengan Zikir dan Kenduri