Cara Ampuh Memperbaiki Hp Terendam Air Agar Tidak Rusak

Salah satu permasalahan HP yang sering terjadi adalah ketika terendam air. Pada umumnya, permasalahan ini bukan hanya terjadi pada perangkat HP saja. Tapi juga terjadi pada alat elektronik lainnya.

Biasanya, ponsel yang sempat terendam air akan membuat siapapun panik. Karena sangat berpotensi merusak komponen-komponen di dalamnya. Yang kadang-kadang sampai membuatnya mati total dan tidak bisa digunakan sama sekali.

Jika hal ini terjadi pada Anda, apa yang akan Anda lakukan? panik? bingung? Tenang, karena ada beberapa cara ampuh memperbaiki HP terendam air agar tidak rusak. Ini akan menjadi solusi jika HP Anda sampai terendam air.

Cara ampuh memperbaiki HP terendam air

Cara ampuh memperbaiki HP terendam air agar tidak rusak ini meski Anda coba terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk membawa HP ke tukang service. Karena beberapa cara berikut tergolong ampuh dalam menangani HP yang kemasukan air.

  1. Jangan menghidupkan HP

Cara pertama yang meski Anda lakukan adalah mengangkatnya dari air, kemudian tidak langsung menghidupkannya. Sayangnya, mayoritas masyarakat akan terburu-buru menghidupkan ponsel mereka setelah mengangkatnya dari genangan air.

Biasanya, ini disebabkan oleh rasa panik berlebihan.  Padahal sebenarnya, Anda tidak perlu menghidupkannya dahulu hanya untuk memastikan apakah air sudah masuk ke dalamnya. Karena sudah jelas masuk. Sehingga, ketika langsung dinyalakan akan membuat HP tersebut rusak lebih parah disebabkan adanya korsleting. Bahkan, ketika Hp tersebut masih hidup, alangkah baiknya jika langsung dimatikan demi menghindari terjadinya korsleting.

  1. Keringkan seluruh bagian HP

Cara ampuh memperbaiki HP terendam air agar tidak rusak yang kedua adalah dengan mengeringkan seluruh bagian HP. Baik itu bagian yang terluar atau terdalam. Namun, pastikan dulu bahwa layarnya aman, atau kering.

Karena bagian LCD merupakan bagian yang paling rentan rusak apabila terkena air. Untuk mengeringkannya, Anda bisa menggunakan lap kering yang menyerap air. Atau, bisa juga menggunakan vacuum cleaner.

Sebagai tambahan, jangan mengeringkan ponsel di bawah sinar matahari. Karena cahayanya yang terlalu panas bisa menyebabkan beberapa komponen rusak.

  1. Melepaskan SIM Card, baterai, hingga memory card

Begitu terendam air, Anda bisa langsung melepaskan sim card, baterai, hingga memory cardnya. Ini berlaku bagi pengguna HP yang baterainya bukan baterai tanam. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kerusakan pada area tertentu.

Selain itu, jangan lupa juga untuk melepaskan cover atau case dan casingnya. Agar air yang sudah terlanjur masuk bisa keluar. Selain itu, melepaskan case dengan casing juga akan memudahkan proses pengeringan.

  1. Simpan ke dalam beras

Cara ampuh memperbaiki HP terendam air agar tidak rusak yang terakhir adalah dengan menyimpannya ke dalam beras. Cara satu ini merupakan cara tradisional yang sudah terkenal sejak dulu.

Meski tergolong cara tradisional, namun cara ini benar-benar ampuh dan meski dicoba. Cara ampuh memperbaiki HP terendam air agar tidak rusak ini jauh lebih mudah dibandingkan cara lain. 

Yakni dengan ambil kantong plastic, isi dengan semangkok beras yang kering. Kemudian, masukkan bagian-bagian HP ke dalamnya. Mulai dari baterai, kartu memori, sim card, atau yang lainnya ke dalam kantong tadi.

Kemudian tutup. Diamkan selama 2 sampai 3 hari. Kemudian coba lagi. Mengapa harus beras? Karena bahan makanan ini mempunyai sifat menyerap kelembaban. Sehingga akan sangat efektif dalam memperbaiki HP yang terendam air.

Berita sebelumyaCara Upload Video Instagram Ukuran Penuh Tanpa Crop
Berita berikutnyaSekda Aceh Selatan Akan Dilantik Besok