Cara Membuat dan Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email Yang Benar

Kini, banyak pihak penyedia lowongan kerja yang menjadikan email sebagai wadah pengiriman lamaran kerja.

Email sendiri merupakan alat komunikasi yang telah ada sejak dulu. Adapun tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan siapapun dalam berkomunikasi.

Dan untuk saat ini, mulai banyak sekali perusahaan atau yang lainnya yang memanfaatkan email dalam menerima semua lamaran para calon pegawai.

Sebenarnya, ada banyak aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengirim lamaran, WA misalnya. Namun, nyaris semua instansi masih betah menggunakan email.

Jika ingin mengirim lamaran, kira-kira bagaimana cara mengirim lamaran kerja lewat email yang benar ya? Simak penjelasan berikut.

Keunggulan Email

Mengapa email masih banyak digunakan? Baik oleh instansi besar maupun kecil? Hal ini karena email menyediakan layanan yang gratis dan sangat mudah digunakan.

Keunggulan ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Baik bagi pihak instansi maupun pelamar kerja.

Bagi pelamar kerja, mengirimkan lamaran lewat email menjadi hal yang menyenangkan. Karena tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang untuk memperbanyak atau mencetak lamaran beserta berkas-berkasnya.

Apalagi mengingat, banyak sekali instansi yang tidak mengembalikan lamaran tersebut ketika calon karyawan tidak diterima. Padahal, bagi seorang pelamar kerja, surat lamaran tersebut tentu sangat penting, sebab bisa diputar dan digunakan untuk melamar ke tempat lain.

Cara mengirim lamaran kerja lewat email

Memang, email bisa Anda gunakan dengan sangat mudah. Bahkan, Anda bisa mengirimkan lamaran hanya dengan langkah-langkah yang super cepat.

Akan tetapi, apakah lamaran yang Anda kirimkan sudah benar? Tentu hal ini menjadi poin yang penting.

Karena pada kenyataannya, semua orang tahu bagaimana cara mengiirm lamaran kerja lewat email, tapi tidak banyak yang tahu cara mengirim lamaran kerja lewat email.

Ketika Anda hanya sekedar mengirimkan surat lamaran via email tanpa memperhatikan benar salah, maka sudah pasti, lamaran Anda hanya akan berlalu begitu saja tanpa dilirik terlebih dahulu oleh pihak HRD atau perusahaan.

Salah satu kesalahan calon karyawan yang paling umum adalah, hanya melampirkan lamaran dan CV saja tanpa memberikan penjelasan alias salam pembuka, perkenalan, dan lain sebagainya.

Maka, pastikan Anda melakukan cara mengirim lamaran kerja lewat email yang benar berikut. Sebelum mengirimkan lamaran, pastikan bahwa alamat email adalah nama Anda, pastikan juga ukuran filenya maksimal 1 MB, gunakan format biasa, bisa word ataupun pdf, pakailah bahasa resmio, masukkan subject dengan jelas, dan terakhir, jangan lupa untuk menggunakan salam pembuka, isi, dan juga penutup.

Jika sudah, berikut cara mengirim lamaran kerja lewat email yang benar. Kali ini, kita akan bahas cara mengirimkan via laptop.

  1. Buka aplikasi perambanan (red: web browser)
  2. Kemudian masuk ke email Anda. Jika belum masuk ke email, maka silahkan login terlebih dahulu.
  3. Klik ikon bergambar ‘pena’ berwarna merah yang di sebelah kiri bagian atas. Maka akan muncul kotak dialog yang baru.
  4. Pada kolom kepada, silahkan masukkan alamat email instansi yang Anda tuju.
  5. Kemudian, di bagian subjek isi sesuai dengan kebutuhan. Misal, karena akan melamar kerja, maka subjeknya bisa menggunakan ‘Lamaran kerja, Nama Anda, dan posisi yang dituju;.
  6. Kemudian, Anda perlu ke badan email. Badan email ini yang akan digunakan untuk mengupload surat lamaran. Tapi sebelum mengupload lamaran, masukkan dahulu salam, isi, dan penutup. Misal, Assalamualaikum. Halo, selamat Malam Pak. Mohon maaf, perkenalkan Saya Anita Aprilia. Baru saja, saya melihat postingan yang menunjukkan bahwa Mas Mumtaz tengah membuka lowongan kerja sebagai content writer. Saya merasa tertarik untuk mendaftarkan diri. Berikut lamaran, portofolio dan CV saya. Terimakasih. Barulah lampirkan lamarannya. Dengan mengklik menu lampirkan file. Masukkan filenya.
  7. Kirim

Contoh Format Surat Lamaran Pekerjaan Via Email

Hal : Lamaran Pekerjaan

Lampiran : 8 Lembar

Kepada Yth.

Bapak/Ibu HRD Analisaaceh.com.

Dengan Hormat,

Berdasakan informasi yang saya baca dari media sosial Facebook Recruitment analisaaceh.com pada tanggal 10 Januari 2019. Melalui email ini saya bermaksud mengajukan lamaran untuk berkerja di analisaaceh.com sebagai Staff Marketing.

Berikut ini data singkat diri saya :

Nama : Steff Wil
Tempat & Tgl.Lahir : Aceh, 19 Maret 1995
Alamat : Banda Aceh
HP : 0812 xxxx
Email : redaksi@analisaaceh.com
Pendidikan akhir : Diploma III – Bisnis
Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, berpenampilan menarik, mampu membangun komuniasi dengan baik dan mampu berkerja secara personal maupun tim. Saya mampu berbahasa inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan.

Dengan pengalaman kerja didunia teknologi selama 2 tahun saya mampu berkerja menggunakan aplikasi komputer seperti Program SAP, Microsof Visio, Microsoft Access, Microsoft Excel, Photoshop.

Saya juga Memahami beberapa bidang IT seperti HTML, Blogger, WordPress dengan Hosting, Memiliki Pengalaman di Bidang SEO ( Search Engine Optimization ) & SEM ( Search Engine Marketing ), Internet Marketing dan dapat mengetik dengan cepat. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Pas Photo Berwarna

2. Daftar Riwayat Hidup ( CV / Resume ).

3. Scan KTP.

4. Scan Ijazah.

5. Scan Transkrip Nilai.

6. Scan Sertifikat Pendukung

7. Scan Sertifikat Tolef

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya sangat berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi yang saya miliki. Atas perhatian Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

t.t.d

Steff Wil

Berita sebelumyaCara Daftar TM Telkomsel
Berita berikutnyaAJI Lhokseumawe dan Pertamina Gelar Edukasi Hulu Migas Bagi Jurnalis