Categories: NEWS

Cegah Kebakaran Hutan, Polisi Pasang Spanduk di Gunung Salak

Analisaaceh.com, LHOKSEUMAWE | Kepolisian Resor Lhokseumawe meningkatkan patroli untuk mencegah kebakaran hutan. Menggelar sosialisasi hingga pemasangan spanduk di Gunung Salak dilakukan demi mencegah kebakaran hutan.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan mengerahkan Bhabinkamtibmas serta merangkul tokoh masyarakat dan pemuda setempat untuk membantu memberikan peringatan kepada warga agar tidak membakar hutan lahan.

“Saat ini hotspot terlihat tetap ada, ini bisa terlihat di aplikasi Hotspot. Walupun sedikit tapi dapat berkontribusi menggangu situasi kamtibmas” kata Ari kepada awak media di Lhokseumawe, Selasa, 17 September 2019.

Kapolres menekankan kepada personel Polsek jajaran Polres Lhokseumawe khususnya kepada Bhabinkamtibmas agar melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan.

“Bagi pelanggar dapat dipidana 10 tahun penjara dan denda Rp15 miliar sesuai dengan undang-undang Nomor 32 tahun 2019 tentang lingkungan hidup” kata Kapolres.

Selain menggelar pertemuan, Kapolres turut memerintahkan untuk melakukan sosialisasi lebih intens. Imbauan disampaikan melalui spanduk yang dipasang di sejumlah kawasan rawan kebakaran hutan. Salah satunya di kawasan Gunung Salak, Gampong Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara.

Kasubag Humas, Salman Alfarasi, SH, MM menyebutkan, pihaknya saat ini intens memberikan imbauan pencegahan karhutla kepada masyarakat melalui sosialisasi Bhabinkamtias serta penempatan spanduk imbauan karhutla di titik rawan karhutla.

“Kami telah memasang sejumlah spanduk khususnya di wilayah Gunung Salak Desa Alue Dua, Nisam Antara dengan melibatkan tokoh masyarakat dan pemuda setempat, hal ini bentuk tangung jawab bersama dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melawan bersama pembakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Editor: Nafrizal

Desriadi Hidayat

Komentar

Recent Posts

Ini Penjelasan ESDM Aceh, Kajian Hidrogeologi dan Hidrometeorologi terhadap Fenomena Kekeringan di Lhoknga

Analisaaceh.com, Aceh Besar | Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh, Ir. Mahdinur, MM…

5 jam ago

Seorang Nenek di Langsa Diduga Jadi Korban Perampokan

Analisaaceh.com, Langsa | Chairani (63) seorang wanita berusia lanjut warga Gampong Timbang Langsa Kecamatan Langsa…

9 jam ago

Ratusan Rohingya Dipindahkan dari BMA Banda Aceh

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Ratusan etnis Rohingya yang sebelumnya telah menempati Balai Meseuraya Aceh (BMA)…

1 hari ago

Pertanahan Kota Langsa Gelar Seminar Seni Jurnalistik Era Digital

Analisaaceh.com, Langsa | Kantor Pertanahan Kota Langsa menggelar seminar strategi komunikasi di lingkungan instansi setempat…

1 hari ago

PJ Gubernur Aceh Lantik Azhari Sebagai PJ Wali Kota Subulussalam

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Penjabat Gubernur (PJ) Aceh Bustami Hamzah melantik Azhari sebagai Penjabat Wali…

2 hari ago

25 Anggota PPK Kota Langsa Dilantik

Analisaaceh.com, Langsa | Sebanyak 25 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam wilayah Kota Langsa untuk…

2 hari ago