Dinkes Kota Banda Aceh Launching Rumoh Gizi Gampong

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Launching Rumoh Gizi Gampong (RGG) yang merupakan upaya pencegahan dan penanganan stunting yang bertempat di kompleks kantor keuchik Gampong Jawa.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Camat Kuta Raja, Arie Januar, S.STP., M.Si, Kabid Kesmas Dinkes, Saifuddin A Malik SKM., S.Sos, Ketua Pokja IV PKK Kota Banda Aceh, Razali. Ketua TP PKK Kecamatan dan TP PKK Gampong Jawa, Rabu (25/11).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman, SKM, M.Kes, menyampaikan apresiasi kepada Camat Kuta Raja yang merupakan kecamatan pertama di Kota Banda Aceh yang tuntas pembentukan RGG diseluruh gampong serta Keuchik, Ketua PKK Gampong Jawa, Kader Posyandu dan masyarakat Gampong Jawa yang telah bahu-membahu melahirkan RGG ini.

“Dengan adanya program RGG ini dapat mencegah dan menurunkan angka stunting seoptimal mungkin,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Saifuddin A Malik SKM., S.Sos juga menambahkan Rumoh Gizi Gampong tersebut juga memberikan edukasi kepada ibu hamil, salah satunya tentang bagaimana menjaga gizi dan mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.

“Sehingga pencegahan stunting dapat ditanggulangi sejak dari dalam kandungan,” katanya.

Sementara itu, Camat Kuta Raja Arie Januar, S.STP., M.Si mengatakan Gampong Jawa merupakan Gampong yang terakhir launching RGG dengan bertujuan untuk menurunkan angka stunting serta gizi buruk seoptimal mungkin serta menerapkan metode edukasi bagi orang tua.

Ketua Pokja IV PKK Kota Banda Aceh, Razali mengatakan disini ada kader posyandu, di tambah pendampingan dari tenaga kesehatan puskesmas yang mengajarkan pola asuh dan pola makanan yang sehat kepada masyarakat terutama anak-anak dan orang tua.(TM/Hz)

Editor : Nafrizal
Rubrik : KESEHATAN