Categories: NEWS

Hendak Jual Tulang Gajah, Dua Pelaku Ditangkap Polisi di Langsa

Analisaaceh.com, Langsa | Kepolisian Resor Kota Langsa berhasil mengungkap kasus dugaan tindak pidana memperniagakan dan menyimpan bagian tubuh satwa yang dilindungi. Dalam kasus ini, dua orang pelaku diamankan.

Keduanya yakni, MA (37) warga Gampong Alue Tho Kecamatan Peureulak Timur, Aceh Timur, kemudian ZU (41) warga Gampong Matang Seulimeng Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa

Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro melalui Kasat Reskrim Iptu Imam Aziz Rachman mengatakan, pelaku diamankan pada Jum’at 10 Juni 2022 sekira pukul 21.00 Wib, dimana berawal dari informasi masyarakat bahwa ada warga kota Langsa yang ingin menjual tulang gajah yang sudah mati.

“Dalam hal ini, pelaku hendak menjual tulang gajah yang dilindungi yang sudah mati tersebut, yang dimasukkan ke dalam lima karung goni berwarna putih,” jelas Iptu Imam Aziz, Selasa (21/6/22).

Pada saat diamankan, sambung Kasatreskrim, tersangka MA dan tersangka ZU saat itu sedang mengendarai sepeda motor dengan membawa tulang gajah tersebut, yang ditaruh di belakang sepeda motor milik tersangka.

Kemudian oleh kedua tersangka, tulang itu hendak diantar ke rumah AD (DPO) dengan tujuan ingin diperdagangkan kembali.

Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, berupa lima buah karung besar berisi tulang gajah mati dan dua unit sepeda motor merk Honda Scoopy dan merk Honda Vario Techno.

“Atas perbuatannya, kedua tersangka dapat dijerat Pasal 21 ayat (2) huruf “d” Jo Pasal 40 ayat 2 Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konsevasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekositemnya. Dengan ancaman hukuman paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp.100 juta,” pungkas Kasat Reskrim.

Editor : Nafrizal
Rubrik : NEWS
Chairul

Komentar

Recent Posts

Pria di Aceh Timur Ditangkap karena Curi Motor Milik Calon Jemaah Haji

Analisaaceh.com, Idi Rayeuk | Seorang pria berinisial NA (60) di Kabupaten Aceh Timur, ditangkap polisi…

1 hari ago

Polisi Tangkap Tiga Terduga Pengedar Ganja di Abdya

Analisaaceh.com, Blangpidie | Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Aceh Barat Daya (Abdya) menangkap tiga pria…

1 hari ago

Gelar Perpisahan, SMAN 1 Lhokseumawe Pungut Biaya dari Siswa

Analisaaceh.com, Lhokseumawe | SMAN 1 Lhokseumawe memungut biaya perpisahan kepada siswa. Pungutan ini dinilai memberatkan…

1 hari ago

Bea Cukai Amankan Rokok Ilegal Senilai Rp 6,3 Milyar di Aceh Tamiang

Analisaaceh.com, Langsa | Bea Cukai mengamankan rokok ilegal senilai Rp6,3 milyar di dua lokasi berbeda…

2 hari ago

Pencuri Puluhan AC Hotel Terbengkalai di Peunayong Ditangkap Polisi

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Unit Reskrim Polsek Kuta Alam yang dibantu Unit Jatanras Satreskrim Polresta…

2 hari ago

Baitul Mal Abdya Kembali Berikan Beasiswa Tahfidz kepada Penghafal Al-Qur’an

Analisaaceh.com, Blangpidie | Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali memberikan penghargaan (reward) kepada…

2 hari ago