Instagram Persiapkan Dukungan Pintasan Aplikasi di HP Android

Source: AndroidPolice

Analisaaceh.com | Instagram dilaporkan sedang mengembangkan dukungan pintasan untuk aplikasinya di platform Android. Trobosan ini, para pengguna Android nantinya tidak perlu lagi membuka aplikasi untuk menjalankan beberapa perintah tertentu.

Untuk diketahui, Android sebenarnya sudah menyediakan dukungan pintasan aplikasi sejak 2016 lalu. Dukungan tersebut sudah hadir sejak sistem operasi Android 7.1 Nougat. Sayangnya belum semua pengembang aplikasi memanfaatkan dukungan tersebut.

Dukungan serupa sudah dikembangkan Instagram untuk sistem operasi iOS sejak empat tahun silam. Dengan memanfaatkan fitur 3D Touch di iPhone, pengguna bisa mengaktifkan pintasan tersebut di smartphone mereka. Di iOS, pintasan itu berisi opsi Direct, View Activity, New Post dan Camera.

Dalam teardown APK Instagram, AndroidPolice (2/10) menemukan fakta bahwa fitur ini sebenarnya sudah ditanam dalam kode APK Instagram terbaru. Namun sampai saat ini, fiturnya masih belum diaktifkan oleh anak perusahaan Facebook itu. Jadi, meski sudah memperbaharui aplikasi Instagramnya, pengguna Android belum akan menemukan dukungan pintasan itu.

Instagram tampaknya berencana untuk mengaktifkannya secara mandiri ketimbang mengumumkannya dalam update terbaru. AndroidPolice mencatat bahwa hal ini kemungkinan baru akan berlaku secara terbatas.

Sejauh ini belum diketahui kapan Instagram akan mengaktifkan dukungan tersebut. Dapat dikatakan bahwa aplikasi ini sedikit terlambat untuk memberikan dukungan tersebut. Belum diketahui juga, apakah dukungan ini tersedia untuk semua versi Android atau hanya terdapat di Android 10 saja.

Sumber : Tek.id