Categories: TEKNOLOGI

Pecahkan Rekor Baru, Steam Dipakai 18,8 Juta Pengguna Bersamaan

Analisaaceh.com | Steam adalah platform distribusi digital yang dibuat oleh Valve Corporation, yang menawarkan layanan permainan video multi-pemain, manajemen hak digital, jejaring sosial, dan streaming video. Baru-baru ini, mereka membuat sebuah rekor baru, 18,8 Juta pengguna online secara bersamaan pada platform tersebut.

Menurut Steam Database, Senin (3/2/2020) lalu ada 18,8 juta pengguna yang online secara bersamaan di Steam. Rekor sebelumnya adalah 18,5 juta orang yang online bersamaan pada dua tahun lalu. 

Ini adalah pencapaian tersendiri bagi Steam, mengingat potensi pengguna aktif yang akan dicapai, meskipun pengguna yang hampir 19 juta tersebut belum tentu memainkan permainan yang ditawarkan.

Dari 18,8 juta pengguna itu, hanya ada sekitar 5,8 juta pengguna yang sedang bermain game, atau lebih sedikit 1 juta pengguna dibanding saat rekor sebelumnya dipecahkan, seperti dikutip Analisaaceh.com dari detikINET, Selasa (4/2/2020).

Diduga penyebab terjadinya lonjakan pengguna online ini akibat dari dari pengaturan komputer pengguna yang secara bawaan mengaktifkan dan melakukan login Steam saat pertama kali dihidupkan.

Meski merupakan bursa game yang sudah lama berdiri, namun Steam saat ini sedang menghadapi persaingan dari platform lain, terutama Epic. Namun pencapaian ini membuktikan bahwa Steam juga masih berkembang dan masih menjadi pesaing tangguh untuk platform sejenis.

Saat ini game yang paling populer di Steam adalah Counter-Strike: Global Offensive, Dota 2, Battlegrounds Playerunknown, Grand Theft Auto V, dan Monster Hunter: World.

Raksasa digital, Google, juga sedang berupaya menghadirkan platform game asal Bellevue, Washington, USA, tersebut pada Google Chromebook.

 

Riza Mirza

Blogger, praktisi IT, "jurnalis teknologi", dan peminat film.

Komentar

Recent Posts

Sekda Abdya Lepas 6 Pelajar Ikut Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional

Analisaaceh.com, Blangpidie | Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Barat Daya (Abdya), Salman Alfarisi melepas secara resmi…

5 jam ago

Salman Alfarisi Mendaftar ke DPD Nasdem Abdya

Analisaaceh.com, Blangpidie | Salman Alfarisi mendaftarkan diri ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat…

9 jam ago

Telaga Art Resmi Luncurkan Program Kelas Belajar Akting Riak II

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Telaga Art resmi meluncurkan program Kelas Belajar Akting Riak 2 di…

9 jam ago

Hasil Tangkapan Nelayan Melimpah, DKP Ajak Investor Bangun Cold Storage

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Pemerintah Aceh melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) mengajak para investor…

14 jam ago

Anies – Muhaimin Ucapkan Terimakasih ke Masyarakat Aceh

Analisaaceh.com , Banda Aceh | Mantan calon presiden (Capres) Anies Baswedan dan calon wakil presiden…

1 hari ago

Warga Melaporkan Pengguna Narkoba via WhatsApp, 6 Pelaku diCiduk

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Menindaklanjuti laporan warga, Satres Narkoba Polresta Banda Aceh melakukan penindakan dan…

1 hari ago