Pilchiksung di Kluet Selatan Berjalan Lancar

Analisaaceh.com – Pesta Demokrasi Pemilihan Keuchik secara langsung (Pilchiksung) yang dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2019 secara serentak di 117 Gampong dalam Kabupaten Aceh Selatan, berjalan, aman, lancar dan tertib.

Sama halnya di gampong-gampong Kecamatan Kluet Selatan melangsungkan prosesi Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) secara serentak pada (Rabu 18/06 2019).

Pesta demokrasi tersebut diikuti oleh beberapa Gampong yaitu Gampong Kedai Kandang, Gampong Pasie Merapat, Gampong Luar, Gampong Barat Daya, Gampong Indra Damai, Gampong Ujung Padang dan Gampong Kapeh.

Perhitungan suara dimulai pada pukul 14.00 WIB setalah warga mencoblos sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Adapun hasil pemilihan tersebut, pada Gampong Kedai Kandang, Safrizal unggul dari kandidat lainnya dengan perolehan terbanyak yaitu (159 suara), disusul oleh Khairunnas Absir (77 suara), Tahar Amin (51 suara) dan Amrisaldin (46 suara).

Sedangkan di Gampong Pasie Merapat yang hanya mengusung 2 kandidat calon, Junardi unggul (154 suara) dari petahan yaitu Nur Arman yang memperoleh (130 suara).

Di Gampong Luar, Adi Darma, A.Ma memperoleh (88 suara) yang unggul hanya 8 suara dari rivalnya Rusli  hanya memperoleh (80 suara).

Pantauan Analisaaceh.com di lapangan, Gampong Barat Daya, dari 4 kandidat calon Keuchik, Yuhardi keluar sebagai pemenang dengan jumlah suara (141 suara), dan disusul Abdul Kadir (82 suara), Zulkifli (81 suara) dan Hadi Saputra, S.Hut (56 suara).

Di Gampong Kapeh, suara Syafrizal unggul dengan (129 suara) disusul Muhajirin (98 suara) dan M. Adenan (60 suara)

Sedangkan Gampong Indra Damai, Darmawi keluar sebagai kandidat dengan suara terbanyak yaitu (358 suara) di susul Tgk. Zubaili. AR (303 suara), Karman (204 suara), Fajri (83 suara) dan Yusman (70 suara).

Sementara itu camat Kluet Selatan, H. Anisrullah, berharap ditetapkannya pemenang Pilchiksung Gampong-gampong tersebut, harap masyarakat saling bahu membahu untuk membangun Gampongnya.

Ia mengimbau kepada Keuchik yang baru memenangkan pilciksung harus bisa mempertanggungjawabkan amanah yang diemban dan harus merangkul semua pihak. Selain itu, memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga dan masyarakat  yang dipimpinnya.

“InsyaAllah kalau kita melayani masyarakat dengan baik, kita akan mudah untuk mewujudkan apa yang kita cita-citakan bersama ,” tutur Camat. (zal)