Rustam Sacba, Keuchik Terpilih di Gampong Ie Dingen

Tapaktuan, Analisaaceh.com – 128 Gampong se Aceh Selatan mengadakan Pemilihan Keuchik Langsung [Pilchiksung]. Rabu 19 Juni 2019. Di Kecamatan Meukek ada 12 Gampong melakukan Pilchiksung dan salah satunya Gampong Ie Dingen.

Prosesi Pilchik Gampong Ie Dingen itu berlangsung di satu TPS yang dipusatkan di Komplek Mesjid Taqwa Muhammadiyah Cabang Ie Dingen. Warga mulai mencoblos pada Pukul 08.30 WIB pagi. Pilchik tersebut diikuti oleh empat calon kandidat, yaitu Saiful Amri, Rustam Sacba, Hifzhan, Sukardi.

Rustam selama ini hanyalah warga ie dingin yang saat ini beraktivitas mengelola sebuah toko fotocopy miliknya. Sedangkan Sukardi adalah Mantan Ketua Pemuda dan masih menjabat sebagai Anggota Tuha Peuet di Gampong Ie Dingen. Begitu juga Saiful Amri masih menjabat sebagai Kepala Dusun Pasar Baroe dan Hifzhan adalah warga Ie Dingen.

Dari hasil pemilihan, Rustam berhasil meraih suara terbanyak dan ditetapkan menjadi keuchik terpilih Gampong Ie Dingen, menggantikan Zul Azmi yang habis masa jabatannya.

Laki – laki yang berusia 47 tahun tersebut mengatakan keinginannya menjadi Keuchik untuk membangun Gampong secara merata dengan membudayakan sistem musyawarah.

“Saya ingin menjadi keuchik untuk melakukan perubahan, dan mengajak seluruh masyarakat bersama membangun gampong, setiap kebijakan tetap diputuskan melalui hasil musyawarah.” Jelasnya.

Rustam meraih total suara sebanyak 272 suara, sedangkan Sukardi meraih 194 suara. Sementara dua kandidat lain, Saiful Amri meraih 159 suara dan Hifzhan dengan 107 suara. Dengan demikian jumlah suara total yang masuk ke meja panitia pemilihan adalah, 762 suara.

Dia juga menegaskan bahwa kemenangan ini bukan kemenangan saya, tapi kemenangan seluruh masyarakat gampong ie dingen. Dan setiap musyawarah, dia akan berjanji akan melibatkan seluruh masyarakat tanpa melihat perbedaan profesi, pekerjaan dan lain-lain.

Acara Pilchik itu berlangsung damai dan penuh rasa kekeluargaan. Setelah tuntas acara pemilihan, seluruh kandidat dan panitia pelaksana melakukan sesi foto bersama. [ ]