Camat Labuhanhaji Gelar Deklarasi Pemilihan Keuchik Damai

Camat Labuhanhaji adakan Deklrasi Pilchiksung Damai, di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kec. Labuhanhaji Kab. Aceh Selatan, Selasa 11/06/2019

Aceh Selatan, Analisaaceh.com – Jelang Pemilihan Keuchik Langsung (Pilciksung) Camat Labuhanhaji adakan Deklrasi Pilchiksung Damai, di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kec. Labuhanhaji Kab. Aceh Selatan, Selasa 11/06/2019.

Teks Deklarasi dibacakan oleh panitia penyelenggara di ikuti seluruh calon Keuchik se Kec. Labuhanhaji.

Camat Labuhanhaji Gusmawi Mustafa menyebutkan “Pemilihan Keuchik Langsung di Kemacamatan Labuhanhaji akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 19 Juni 2019”.

Adapun Gampong yang melaksanakan Pilciksung kali ini adalah
  • Padang Bakau, 4 Orang Calon Keuchik
  • Bakau Hulu, 2 Orang Calon Keuchik
  • Manggis Harapan, 2 Orang Calon Keuchik
  • Cacang, 3 Orang Calon Keuchik
  • Tengah Pisang, 3 Orang Calon Keuchik dan
  • Hulu Pisang, 4 Orang Calon Keuchik

Sebelum Pembacaan dan Penandatangan Deklarasi, Camat Labuhanhaji Gusmawi Mustafa memimpin Rapat Koordinasi Teknis Pelaksanaan Pilchiksung se Kec. Labuhanhaji.

Gusmawi menyebutkan “kegitaan ini merupakan amanah UU No. 11 Tahun 2006 dan Qanun Aceh No. 4 Tahun 2009”.

“Dengan tujuan agar tercapai kesepahaman antara Peyelenggara Pemilhan dan Calon
Keuchik.

“Terutama terkait pelaksanaan teknis dan ketentuan lainnya demi terwujudnya pemilihan Keuchik yang bersih dan damai di Kecamatan Labuhanhaji”. Terang Gusmawi.

Gusmawi mengaku, “dalam Pilchiksung ini, pihaknya bertindak sebagai pengawas bersama Polsek dan Koramil Labuhanhaji”.

“Jika masyarakat mendapati adanya pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu kandidat, harap laporkan kepada kami lengkap dengan alat bukti”.

“Setiap pelanggaran yang dilaporkan kepada kami, tetap akan kami tindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku”.

Gusmawi Menambahkan “Kepada keluarga ataupun pendukung salah satu Calon Keuchik yang berdomisili di luar Gampong Calon Keuchik yang didukungnya, dilarang keras datang ke Gampong Calon Keuchik yang dia dukung untuk melakukan kampanye apalagi propaganda yang dapat merugikan pihak lain”.

“Kepada para Calon Keuchik dan Penyelenggara Pilchiksung se Kecamatan Labuhanhaji harap memberitahukan apa-apa yang telah kita sepakati bersama dalam Rapat Koordinasi dan Deklrasi ini, kepada para masyarakat khususnya keluarga dan pendukung Calon Keuchik”. Himbau Gusmawi Mustafa Camat Labuhanhaji.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolsek Kec. Labuhanhaji Ipda Amril Buchari, SH., mengingatkan kepada seluruh kandidat dan penyelenggara untuk menghindari terjadi gesekan dan pelanggaran terhadap peraturan yang ada, juga ketentuan yang telah kita disepakati bersama”.

“Apapun yang kita sepakati bersama hari ini, dapat dijadikan alat bukti bilamana diantara kandidat maupun penyelenggara melakukan pelanggaran”.

“Jika kami menerima laporan terjadinya pelanggaran dan kecurangan, pihak kami akan melakukan evaluasi sebelum melakukan tindakan hukum”.

Selanjutnya, Syamsul Yadi, Danramil Labuhanhaji, mengatakan, “Kami sangat mendukung Visi dan Misi Camat untuk untuk mewujudkan Labuhanhaji Hebat”.

“Untuk itu, mari sama-sama kita ciptakan Pemilihan Keuchik Kec. Labuhanhanhaji menjadi pemilihan yang bermutu dengan menciptakan suasana damai dan proses pemilihan yang bersih”. Ajak Danramil berpangkat Letnan Satu Inf, ini kepada seluruh hadirin.

Untuk diketahui, selain Calon Keuchik, Kegiatan tersebut juga dihadiri, P2K, Tuha Peut, dan Keuchik Gampong yang mengadakan Pemilihan Keuchik Tahun 2019 (FJ)