Tgk.Amran Lakukan Kunjungan & Ziarah Ke Makam Abuya Muda Wali Alkhalidy Di Dayah Darussalam Labuhanhaji Barat

0
Wabup Aceh Selatan Tgk.Amran Melakukan Kunjungan dan Ziarah Ke Makam Abuya Muda Wali Alkhalidy Di Dayah Darussalam Labuhanhaji Barat

Aceh Selatan, Analisaaceh.com – Pimpinan Dayah Darussalam Al-Waliyyah Blangporoh Labuhanhaji Barat Aceh Selatan Abuya Mawardi Waly Alkhalidy didampingi Tgk.Hidayat Waly, menyambut lansung atas kedatangan Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk.Amran dan Istri (Khailida) beserta rombongan pada pukul 14.30 Wib,Selasa 11 Juni 2019.

Wabup Tgk.Amran ditepung tawar atau dipeusijuk oleh Abuya H.Mawardi Waly, tepat dikomplek makam Abuya Muhammad Muda Waly Alkhalidy, juga turut serta dipeusijuk Camat Labuhanhaji Gusmawi Mustafa dan Camat Labuhanhaji Barat Said Suhardi.

Usai melakukan peusijuk’. Abuya Mawardi Wali menceritakan mengenai sejarah singkat berdirinya Ponpes/Dayah Darussalam dan tentang sosok Abuya Muda Wali Khalidy saat diundang berada di istana merdeka menemui Presiden RI Soekarno pada masa dahulu silam,  dengan memperlihatkan dokumentasi foto.

Juga menceritakan tentang sosok ulama kharismatik Aceh itu, jasa perjuangannya terhadap Aceh dan Reprublik Indonesia.Insyallah dalam waktu dekat pada Tgl 18 Juni 2019 diadakan Haul Abuya Muda Waly Alkhalidy.

Adapun pada kesempatan itu juga Wabup (Tgk.Amran) turut mengabadikan moment dirinya dengan mendokumentasikan berfoto pose sambil memegang foto Abuya Muda Wali Alkhalidy yang bersama Soekarno kala itu.

Selanjutnya.Abuya Mawardi Waly, berharap kepada wakil bupati mengenai Puskesmas Darussalam agar dapat secepatnya diberikan izin operasional dalam tahun 2019 ini, sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan khususnya untuk lebih dari 2.000 santri yang berada di dayah Dayah Darussalam, supaya dengan mudah mendapatkan akses pelayanan kesehatan, juga tentu akses bagi masyarakat diwilayah kemukiman Blangbaru’.Ungkapnya.

Sementara Tgk.Amran menyampaikan dalam hal pelayanan kesehatan bagi santri, ini kedepannya ini menjadi prioritas, tentang izin operasional puskesmas akan segera kita proses dan mobiler nantinya disediakan juga percepatan pembangunan khususnya 2020 sudah bisa kita pastikan untuk pembangunan pagar’.

Para santri Dayah Darussalam, baik yang dari dalam Aceh maupun yang dari luar Aceh, supaya memiliki BPJS kesehatan, agar senantiasa memudahkan dalam berobat, dan nantinya akan kita upayakan sering melakukan sosialisasi tentang kesehatan melalui dinas terkait maupun lembaga lainnya’.Pungkasnya.

Dalam kujungan Wabup Aceh Selatan Tgk.Amran tersebut didampingi Camat Labuhanhaji Barat Said Suhardi, Kapolsek Zulkiram,Camat Labuhanhaji Gusmawi Mustafa dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya. (FJ/NB)