Terkena Jerat Babi, Dua Ekor Beruang Madu Terkulai Lemas

0
Potret Dua ekor Beruang Madu terkena jerat Babi di sekitar hutan Gampoeng Ladang Neubok, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya, (11/6)

Aceh Barat Daya, Analisaaceh.com – Dua ekor Beruang Madu (Helarctos malayanus) terkulai lemas akibat terkena jerat Babi di sekitar hutan Gampoeng Ladang Neubok, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, Indonesia Selasa, (11/6) pagi.

Terjeratnya hewan lindung ini diketahui dari salah seorang pemuda bernama Basir, yang saat itu sedang dalam perjalanan pulang dari kebunnya. Lanjutnya, hewan liar ini dijumpainya pada pukul, 10. 00 WIB dalam kondisi masih hidup.

Informasi terjeratnya hewan liar tersebut sempat menyedot perhatian warga sekitar dan sempat hadir langsung di TKP petugas TN. Gunung Leuser untuk memastikan informasi yang menimpa hewan naas tersebut.

Sampai sejauh ini warga setempat masih berjaga – jaga di sekitar lokasi kejadian untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan terjadi terhadap masyarakat, sembari menunggu pihak terkait tiba untuk mengevakuasi hewan tersebut.

Menurut dugaan masyarakat lokal, jerat yang mengenai hewan lindung itu dipasang oleh pemburu Babi asal Nias, Sumatera Utara. Sebelumnya masyarakat, telah berulang kali mengingatkan para pemburu Babi untuk tidak melakukan aktivitas perburuan di sekitar pegunungan desa mereka. Cilakanya teguran tersebut tidak pernah dihiraukan oleh pelaku perburuan ungkap Basir. Pasca kejadian ini warga Nias tersebut diketahui telah meninggalkan desa mereka. (EF)