Puluhan Pelajar di Kecamatan Bakongan Ikuti Bina Cinta Alam

0
11
Puluhan pelajar di Kecamatan Bakongan ikuti Bina Cinta Alam di ruang aula SMPN 3 Bakongan. Penyelenggara kegiatan adalah petugas TN. Gunung Leuser, BPTN Wilayah I Tapaktuan
Puluhan pelajar di Kecamatan Bakongan ikuti Bina Cinta Alam di ruang aula SMPN 3 Bakongan. Penyelenggara kegiatan adalah petugas TN. Gunung Leuser, BPTN Wilayah I Tapaktuan

Tapaktuan, Analisaaceh – Puluhan pelajar di Kecamatan Bakongan ikuti Bina Cinta Alam di ruang aula SMPN 3 Bakongan. Penyelenggara kegiatan adalah petugas TN. Gunung Leuser, BPTN Wilayah I Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan Jum’at (7/12/18).

Sasaran program kegiatan Bina Cinta Alam ini yaitu lembaga pendidikan formal mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, umumnya yang berada di sekitar kawasan hutan konservasi TN. Gunung Leuser.

Acara dirangkai dengan berbagai item kegiatan seperti ; pembekalan materi, diskusi, pemutaran film dokumenter dan berakhir dengan permainan game alam bebas. Game alam bebas yang disajikan bukan hanya permainan semata, melainkan memuat nilai edukasi didalamnya yaitu seperti ; pembentukan karakter, ketangkasan, kejujuran, kekompakan, kepekaan dan sebagainya.

Salah seorang Siswi SMPN 3 Bakongan, Siti Mauliza, dikesempatan itu menyampaikan rasa senang dan bangganya bisa mengikuti kegiatan tersebut. menurutny, banyak informasi dan pengetahuan tentang alam dia dapatkan. Lanjutnya melalui kegiatan ini kami baru mengetahui bahwa menjaga dan melestarikan lingkungan hidup dan kehutanan adalah pekerjaan mulia di mata Tuhan Yang Maha Esa ungkapnya.

Dalam sambutannya PEH BPTN Wilayah I Tapaktuan, Arif Saifudin, S. Si menjelaskan bahwa, kegiatan kunjungan edukasi alam tersebut merupakan salah satu upaya menumbuh kembangkan rasa kepedulian generasi masa kini terhadap pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan di masa mendatang. Lanjutnya acara yang diselenggarakan oleh petugas TN. Gunung Leuser tersebut di suport melalui program BCCPGLE – (KFW) – (BBTNGL) dan KLHK.

Sedangkan guru SMPN 3 Bakongan, Jainuddin, S.Pd, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak panitia penyelenggara kegiatan, harapannya bekal yang diberikan petugas TN. Gunung Leuser terhadap anak didiknya dapat menjadi ilmu terapan dalam kehidupan sosial masyarakat sekitar hutan tutupnya (red).