Ini Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Lawan Virus Corona

Ilustrasi Daya Tahan Tubuh
Ilustrasi Daya Tahan Tubuh

Analisaaceh.com | Sistem kekebalan tubuh menjadi gerbang pelindung yang harus dihadapi penyakit agar bisa masuk ke dalam tubuh. Mengkonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting. Apalagi di masa pandemi yang membuat siapapun rentan terserang berbagai macam virus berbahaya.

Selain terus menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan menjalani vaksinasi COVID-19, berbagai vitamin dan suplemen juga harus terus dikonsumsi. Lalu, vitamin apa saja sih yang bisa membantu untuk menangkal virus Corona?

Berikut analisaaceh.com rangkum beberapa suplemen dan vitamin untuk daya tahan tubuh yang bisa rutin dikonsumsi setiap hari.

Vitamin B6 untuk Daya Tahan Tubuh

Vitamin terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang penting untuk dikonsumsi ialah vitamin B6. Tubuh memerlukan vitamin B6 untuk membantu pembentukan sel sistem kekebalan yang penting. Tak hanya itu saja, salah satu jenis vitamin B ini juga berperan dalam produksi sel T.

Sel ini akan membantu membersihkan dan menyingkirkan sel-sel yang sudah terinfeksi penyakit. Jenis vitamin ini juga berperan penting dalam meningkatkan respons pada sistem kekebalan tubuh.

Selain dari suplemen, asupan vitamin B6 bisa diperoleh dari sayuran segar, ikan, telur, daging, sereal, pisang, dan juga kacang-kacangan. Untuk para wanita, paling tidak cukupi kebutuhan vitamin B6 minimal 1.2 mg tiap hari. Sementara untuk laki-laki sedikit lebih tinggi sekitar 1.4 mg tiap hari.

Pastikan jangan mengonsumsi suplemen vitamin B6 hingga melebihi angka 10 mg. Terkecuali hal tersebut memang atas rekomendasi dari dokter yang memberikan perawatan.

Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh

Di masa pandemi ini memang harus lebih pintar menjaga tubuh agar tidak gampang sakit. Vitamin terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang perlu dikonsumsi selanjutnya ialah vitamin C.

Asupan vitamin C ini membantu tubuh membasmi mikroba berbahaya, misalnya virus atau bakteri yang menjadi penyebab pneumonia atau flu.

Tak cuma sampai disitu, vitamin C pun mampu merangsang produksi sistem kekebalan tubuh meningkat. Salah satunya ialah sel darah putih, sel yang memiliki peranan sangat penting dalam tubuh. Dimana tugasnya menyingkirkan bakteri jahat yang masuk ke tubuh dengan cara menyerapnya.

Banyak sekali sumber makanan dengan kandungan vitamin C yang melimpah dan mudah diperoleh. Seperti jeruk, stroberi, bayam, brokoli, dan juga paprika. Jadi tubuh bisa mendapatkan asupan vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan lebih alami.

Vitamin D untuk Daya Tahan Tubuh

Defisiensi vitamin D bisa menimbulkan dampak yang buruk pada tubuh, terutama berimbas pada sistem imunitas. Dimana, kondisi tersebut membuat tubuh lebih rentan mengalami sejumlah masalah kesehatan, seperti bronkitis maupun pneumonia. Karena itulah, pastikan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D setiap hari minimal 400 sampai 800 IU.

Situs Insider menyebut jika asupan vitamin D yang cukup mampu merangsang peningkatan jumlah makrofaga di dalam tubuh. Makrofaga sendiri merupakan jenis sel antibodi yang mampu mencegah terjadinya penyebaran penyakit di dalam tubuh. Tak hanya itu, vitamin D pun juga mampu menekan produksi sitokin dalam tubuh.

Perlu dipahami bahwa sitokin merupakan senyawa protein yang diproduksi oleh sistem imunitas yang berfungsi sebagai pemberi tanda atau sinyal pada sel antibodi untuk menghalau penyakit dalam tubuh. Namun, jumlah sitokin yang berlebihan justru dapat membahayakan kondisi kesehatan. Jadi perlu dikendalikan, dan ini salah satu fungsi vitamin D.

Kebutuhan tubuh akan asupan vitamin D harian sebetulnya bisa terpenuhi dengan banyak cara. Mulai dari berjemur di pagi hari, mengonsumsi vitamin D dalam bentuk suplemen, maupun mengonsumsi makanan kaya akan vitamin D. Seperti misalnya, hati, ikan salmon, ikan sarden, kuning telur, oatmeal dan lain sebagainya.

Vitamin E untuk Daya Tahan Tubuh

Selain dikenal sangat baik untuk merawat kesehatan kulit, vitamin E juga menjadi salah satu vitamin terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, tubuh mampu melawan infeksi bakteri dan virus yang bisa membahayakan kesehatan.

Vitamin E juga kaya kandungan antioksidan yang memiliki fungsi penting dalam menghalau serangan radikal bebas dalam tubuh. Seperti yang diketahui, radikal bebas merupakan molekul yang berbahaya. Dimana bisa mengakibatkan kerusakan pada jaringan, sel dan organ tubuh.

Umumnya, vitamin E banyak ditemukan dalam sayuran hijau, biji-bijian, kacang almond dan paprika. Namun ada kalanya tubuh juga memerlukan suplemen vitamin E sebagai tambahan. Tapi sebelum itu, ada baiknya untuk mengkonsultasikannya dengan dokter.

Semua vitamin yang sudah dijelaskan tadi memiliki fungsi dan manfaat yang mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selama pandemi, kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan dengan memenuhi kebutuhan vitamin harian. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang sesuai kebutuhan tubuh, maka banyak manfaat yang akan dirasakan tubuh.

Sebaliknya, kekurangan salah satu vitamin saja, bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi tidak ada jenis vitamin yang lebih baik dari yang lain, karena semuanya dibutuhkan oleh tubuh.

Jika ingin mengkonsumsi suplemen vitamin tambahan, pastikan untuk mengkonsultasikannya lebih dulu dengan dokter. Agar, tubuh mendapatkan dosis yang tepat.

Berita sebelumyaPolisi Ringkus Pelaku Pembobol Toko di Panton Labu
Berita berikutnyaCara Daftar SIM Online, Ini Persyaratannya