Kandang Terbakar, Seekor Sapi Mati Terpanggang di Aceh Besar

Foto: Ist

Analisaaceh.com, Jantho | Seekor sapi milik Sofian (45), warga Gampong Aneuk Galong Baro, Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar mati dalam kondisi hangus terpanggang di dalam kandangnya yang mengalami kebakaran, Sabtu (17/10/2020) dini hari.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Farhan AP melalui personil Pusdalops, Maswani mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar 00:41 WIB.

“Petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Induk Sibreh menerima informasi yang disampaikan oleh warga masyarakat, bahwa tentang adanya kejadian kebakaran kandang sapi milik warga setempat,” katanya.

Setelah menerima informasi tersebut, kata Maswani. Petugas langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan.

“Setiba petugas di lokasi kejadian sebahagian besar kandang sapi sudah habis terbakar dikarenakan konstruksi kandang dari kayu, jadi api dengan cepat merambat mengabisakan kandang tersebut,” ujarnya.

Dalam kejadian tersebut, satu ekor sapi milik korban ikut terbakar, sedangkan satu lagi berhasil melepaskan diri dari kandang dan selamat. “Menurut keterangan pemilik, selama ini beliau mengandangkan sapi sejumlah dua ekor dalam kandang itu,” sebut Maswani.

Maswani mengungkapkan, sejauh ini penyebab kebakaran itu diduga kuat awalnya memang sengaja dibakar oleh pemiliknya untuk penguapan kandang sapi. Dikarenakan faktor angin, api sisa penguapan tersebut menjalar kebagian kandang yang mudah terbakar.

“Kejadian terjadi pada dini hari, saat pemiliknya sudah pulang ke rumah untuk istirahat dan tidak lagi berada di kandang sapinya,” jelas Maswani.

Petugas berhasil menjinakkan sijago merah sekitar pukul 01:30 WIB. Atas peristiwa tersebut, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Editor : Nafrizal
Rubrik : ACEH BESAR
Komentar
Artikulli paraprakCegah Corona, BPBD Banda Aceh Desinfeksi Seluruh Meunasah
Artikulli tjetërPemerintah Aceh Sosialisasi Percepatan Hasil Uji RT-PCR, Target 1×24 Jam Usai Swab