Semarak PON XXI Aceh-Sumut 2024 Meriahkan Aceh Tengah

Dokument Foto Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh

Analisaaceh.com | Serangkaian event bertajuk Semarak PON XXI Aceh-Sumut 2024 digelar di Aceh Tengah pada 13-18 September 2024 untuk memeriahkan pelaksanaan PON XXI. Acara ini resmi dibuka oleh Pj Bupati Aceh Tengah, Subhandhy, di Lapangan Setdakab, Takengon, Jumat (13/09/2024) malam.

Subhandhy mengatakan, Semarak PON XXI di Aceh Tengah melibatkan tiga rangkaian event utama: Festival Ekonomi Kreatif dan Gayo Art Festival yang berlangsung di Lapangan Setdakab pada 13-15 September, serta Serinen Art and Culture Festival di Blang Gele pada 17-18 September.

“Ketiga kegiatan kolaborasi ini juga menjadi bagian dari rangkaian Aceh Festival 2024 untuk memperkenalkan serta menghibur masyarakat, terutama tamu PON XXI yang bertanding di Aceh Tengah,” ujarnya.

Pj Bupati menambahkan bahwa kegiatan Semarak PON XXI menunjukkan bagaimana olahraga dapat menjadi jembatan bagi pengembangan kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

“Mari kita tampilkan atraksi seni budaya dan produk UMKM terbaik dari Aceh Tengah untuk para tamu,” katanya.

Subhandhy juga menjelaskan bahwa Festival Ekonomi Kreatif yang digelar Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menampilkan sekitar 40 stand UMKM, 15 stand pelaku ekonomi kreatif, dan 20 coffee truck. Festival ini juga menggelar Gala Dinner pada hari kedua bagi 600 orang official dan atlet PON XXI yang berlaga di Aceh Tengah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal, melalui Kepala Bidang Pemasaran Teuku Hendra Faisal, menyatakan bahwa Gayo Art Festival adalah dukungan dari Kemenparekraf RI, menampilkan grup seni dan artis lokal setiap harinya.

Sementara itu, Serinen Art and Culture Festival diinisiasi oleh Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) RI Wilayah 1 Aceh dan berkolaborasi dengan Gayo Cultural Lab.

“Kolaborasi berbagai instansi ini diharapkan menjadi sajian menarik dalam memeriahkan PON XXI di Aceh Tengah,” kata Teuku Hendra.

Komentar
Artikulli paraprakDiduga Gegara Live TikTok, Suami di Aceh Tenggara Tega Bunuh Istri
Artikulli tjetërAceh Perkusi Festival Meriahkan PON XXI dan Lestarikan Budaya