DEMA FEBI UIN Ar Raniry Gelar Seminar Keuangan Syariah

0
17

Banda Aceh, Analisaaceh.com – Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Uin Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan kegiatan Seminar Keuangan Syariah dengan tema, Peran Ekonomi dan Keuangan Syariah dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat.

Kegiatan berlangsung di Aula Biro Rektorat Lt. 3 Kampus UIN Ar- Raniry Banda Aceh. Selasa, 09 juli 2019. Diikuti oleh 100 peserta terdiri dari mahasiswa dari berbagai jurusan serta praktisi dan tamu undangan.

Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam bidang kemahasiswaan dan kerja sama Dr. Analiansyah, M.Ag, membuka jalannya seminar dengan harapan setelah seminar dilaksanakan ada hasil yang didapatkan untuk disampaikan kepada masyarakat guna meningkatkan pemahaman tentang peran penting ekonomi dan keuangan syariah terhadap pemberdayaan ekonomi umat.

Ketua DEMA FEBI Surya Darma dalam sambutannya, bahwa tujuan dilaksanakannya seminar keuangan syariah ini untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang peran ekonomi dan lembaga keuangan syariah di Aceh. menurut Surya, salah satu faktor yang menghambat percepatan pengembangan ekonomi syariah di aceh yaitu masih cukup rendahnya pemahaman masyarakat mengenai konsep dan produk keuangan syariah.

Surya juga menjelaskan, sebagian masyarakat menganggap sama saja antara keuangan syariah dengan keuangan konvensional dan ini menjadi tantangan kepada kita semua untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Seminar keuangan syariah ini menghadirkan beberapa narasumber dari akademisi dan lembaga keuangan syariah di Aceh seperti Safrizal Soufyan, Agency Director Sun Life Financial Syariah Banda Aceh, Rizky Aulia, S.Pd.I kepala bidang sosial dan pengembangan Baitul Mal Aceh. dan Dr. Muhammad Zulhilmi, M. A Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sekaligus mantan ketua prodi Ekonomi syariah Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

Kegiatan berlangsung dengan tertib dari pertama sampai terakhir, diikuti dengan penyampaian materi dan tanya jawab peserta yang hadir. (Riri)