Diguyur Hujan, Upacara Hari Pahlawan Ke 74 di Aceh Selatan Tetap Khidmat

Dandim 0107/Aceh Selatan, Letkol Inf R Sulistiya Herlambang

Analisaaceh.com, Tapaktuan | Hujan deras mengguyur saat upacara berlangsung. Meskipun demikian, tidak mempengaruhi kekhidmatan pelaksanaan upacara Hari pahlawan ke 74 di Lapangan Naga Kab. Aceh Selatan, yang dipimpin oleh Dandim 0107/Aceh Selatan, Letkol Inf R Sulistiya Herlambang, Minggu (10/11/2019).

Dalam upacara tersebut turut hadir Bupati Aceh Selatan H. Azwir S.sos, Kapolres Aceh Selatan Dedy Sadsono ST, Wadanyon 115/RK Macan Leuser Mayor Inf Rifaldi Rahman, Forkompimda Pemda Kab. Aceh Selatan dan para Veteran. Sementara peserta upacara terdiri dari PNS Pemkab Aceh Selatan, TNI POLRI, ormas kepemudaan serta pelajar di wilayah Aceh Selatan.

Dalam peringatan Hari Pahlawan ke 74 tahun 2019 itu, Dandim sekaligus membacakan amanat Menteri Sosial RI yang mengusung tema “Aku Pahlawan Masa Kini”. Dalam amanat yang dibacakan tersebut, Dandim juga menjelaskan tema yang diusung yaitu untuk membangkitkan jiwa semangat berinovasi anak bangsa agar dapat menjadi pahlawan masa kini yang membangun NKRI.

“Menjadi Pahlawan Masa kini dapat diakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong terhadap sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya,” ucap Dandim saat membacakan amanat Mensos RI.

Masih dalam amanat tersebut, Dandim juga menyampaikan ungkapan the Founding Fathers Bung Karno, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati para jasa pahlawannya, sebab tanpa ada pemikiran dan perjuangan dari para pahlawan, mustahil bisa menjadi bangsa yang merdeka seperti sekarang.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukan melalui pengorbanan tenaga, harta, bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, dan membawa harum nama bangsa di dunia internasional,” ungkapnya.

Diakhir amanat yang dibacakan, Dandim mengajak semua pihak untuk dapat meningkatkan kesadaran agar lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

“Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa, jangan biarkan negeri ini terkoyak, tercerai-berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik sesama satu sama lain. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata bekerja dan bekerja membangun negeri demi menuju Indonesia Maju,” pungkas Dandim.

Usai upacara dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada para Veteran, ziarah ke taman makam Pahlawan Teuku Cut Ali, di Desa Suaq Bakong Kecamatan Kluet Selatan dan taman makam Pahlawan Rajo Lelo di Kecamatan Kluet Timur.