Link Live Streaming Sidang Isbat Penetuan Awal Puasa Ramadhan 1441 H

Analisaaceh.com | Nonton Live Streaming Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadhan 1441 Hijriah akan ditentukan dalam sidang Isbat pada Kamis (23/4/2020) pukul 19.05 WIB.

Sidang yang digelar oleh Kementerian Agama tersebut akan disiarkan secara live melalalui siaran TVRI dan dapat juga disaksikan melalui live streaming di Facebook Kementerian Agama RI, Instagram @kemenag_ri, dan kanal YouTube Kemenag RI.

Sidang isbat yang digelar di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH.Thamrin Nomor 6 Jakarta itu akan menentukan, apakah puasa Ramadan tahun ini akan dimulai pada Jumat (24/4) atau pada Sabtu (25/4).

Penentuan itu sendiri didasarkan pada rukyatul hilal serta data hisab posisi hilal pada tanggal tersebut.

Penentuan awal Bulan Hijriyah Rukyatul Hilal yaitu pengamatan visibilitas hilal atau bulan sabit muda yang pertama kali tampak setelah terjadinya ijtimak (peristiwa ketika bumi dan Bbulan dalam posisi bujur langit yang sama jika diamati dari bumi).

Selain rukyatul hilal, terdapat metode lain untuk penentuan awal bulan dalam kalender hijriyah, yaitu dengan hisab atau perhitungan.

Dengan metode ini, kapan terjadinya ijtimak dapat diukur, yaitu setiap 29,531 hari sekali. Dalam hal ini ada tiga kemungkinan penentuan awal bulan dalam kalender Hijriyah dengan perpaduan metode rukyatul hilal dan hisab.

Kemungkinan pertama, hilal kurang dari 0 derajat. Jika hal ini yang terjadi, maka baik melalui rukyatul hilal maupun hisab, kesimpulannya sama, yaitu malam tersebut belum masuk bulan baru.

Kemungkinan kedua, hilal lebih dari 2 derajat. Jika hal ini yang terjadi, hilal akan tampak. Maka baik melalui rukyatul hilal maupun hisab, kesimpulannya sama, yaitu malam tersebut sudah masuk bulan baru. Kemungkinan ketiga, hilal ada di antara 0 hingga 2 derajat.

Jika hal ini yang terjadi, hilal bisa saja tidak terlihat secara rukyat, meskipun dari metode hisab, hilal sudah ada di atas cakrawala. Dengan demikian, metode rukyatul hilal dan hisab bisa memiliki kesimpulan berbeda.

Live streaming sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1441H dapat dipantau dari link di bawah ini.

Youtube Kemenag RI

Fanpage Kemenag RI di Facebook

Live Streaming Situs Web Kemenag

Berita sebelumyaKasus Meninggal Covid-19 Cenderung Turun Sejak Sepekan, Pasien Sembuh Naik Jadi 960
Berita berikutnyaPeduli Covid-19, Project Sembilan Belas Salurkan Bantuan Sembako dalam 4 Kecamatan di Aceh Tamiang