Memperingati Hari Juang, TNI AD Gelar Bakti Sosial

Analisaaceh.com, Medan | Dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika TNI AD Tahun 2019 yang digelar secara serentak di seluruh jajaran Kotama TNI AD termasuk di Kodam I/Bukit Barisan, menjadi refleksi akan kecintaan TNI AD kepada Rakyat.

Dalam amanat pidato yang disampikan dalam kegiatan pembukaan hari juang Kartika TNI AD, sekaligus bakti sosial dan bakti kesehatan, Pangdam I/ BB, Mayjen TNI MS Fadhilah yang bertempat di Lapangan Benteng Medan, Sumatera Utara, Selasa (10/12/2019) siang.

Kegiatan tersebut turut dihadiri ribuan masyarakat Kota Medan dan peserta bakti sosial dan bakti kesehatan, unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan, Ketua Walubi Sumut Indra Wahidin, Arman Chandra komite tetap pengembangan keangotaan Kadin Sumut, Kejari Kota Medan Dwistiyo, serta tamu maupun undangan penting lainnya.

Pangdam menjelaskan, acara ini juga merupakan refleksi sinergitas TNI-Polri dalam memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, selaku Pangdam I/Bukit Barisan dan pribadi, izinkan saya mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Gubernur beserta segenap unsur Forkopimda Provinsi Sumatera Utara dan segenap undangan yang telah meluangkan waktu untuk hadir pada acara ini,” sebut Mayjen Fadhilah.

Dijelaskan Mayjen Fadhilah, rangkaian peringatan Hari Juang TNI AD ini dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran TNI AD mulai 1 Desember sampai dengan puncak peringatan pada 17 Desember 2019 yang akan datang.

Untuk diketahui, bahwa peringatan Hari Juang TNI AD dimaksudkan untuk mengenang kembali sejarah perjuangan TNI AD, yaitu pertempuran Ambarawa yang merupakan refleksi peran serta TNI AD kepada bangsa dan negara dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia di Ambarawa dulu.

“Melalui peringatan Hari Juang TNI AD, diharapkan dapat memupuk semangat dan jiwa korsa para Prajurit TNI AD dalam meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara, sekaligus mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat, karena TNI lahir dari rakyat dan akan terus berjuang bersama rakyat,” beber Mayjen Fadhilah.

Lebih lanjut, Sambung mantan Kapuspen TNI ini, kegiatan sambut peringatan Hari Juang TNI AD juga dapat dijadikan sebagai momentum strategis untuk mengekspresikan diri tentang peran yang diberikan oleh negara dalam mewujudkan TNI AD yang profesional dan dicintai rakyat.

Kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan ini merupakan sinergi Kodam I/Bukit Barisan dengan Polda Sumut, dan pada hari ini kita juga menggelar kegiatan donor darah, pengobatan massal, pelayanan KB, pemeriksaan katarak dan mata, dan pemberian Kursi roda kepada Disabilitas atau Difabel (Penyandang cacat) serta masih banyak lagi kegiatan lainnya.

“Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk komitmen TNI-Polri dan Pemerintah Daerah serta segenap komponen bangsa lainnya, untuk selalu bersama-sama dalam menghadapi setiap persoalan dan membangun bangsa ini,” ucap Pangdam 1/BB Mayjen Fadhilah.

Nilai dan semangat kebersamaan ini, lanjutnya, memiliki makna yang sangat berharga. Oleh karenanya harus kita pelihara dan kita lestarikan, sebagaimana tema pada peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2019, yakni ‘TNI AD Adalah Kita’ yang mengandung makna bahwa TNI AD akan selalu ada dan akan terus berjuang demi bangsa dan negara tercinta serta selalu hadir buat rakyat.

“Berhubungan dengan kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan dalam rangka peringatan Hari Juang TNI AD tahun 2019 ini, atas nama Keluarga Besar Kodam I/Bukit Barisan, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Gubernur Sumut, Kapolda Sumut, Danlantamal I Belawan, Pangkosekhanudnas III, Ketua Yayasan Walubi, Ketua Yayasan Smile Train, Arman Chandra dari Kadin, Ketua Walubi Sumut Indra Wahidin, dan semua pihak, atas dukungan dan partisipasinya, sehingga kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan ini dapat terselenggara dengan lancar, tertib dan aman,” pungkas Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah.

Usai memberi sambutan, Pangdam didampingi Ketua Persit KCK PD I/BB, Ny Trisasanti MS Fadhilah dan unsur Forkopimda melakukan penyerahan 40 kursi sekali lagi saya ucapkan terimah kasih banyak buat kita semua, Selamat Hari Juang TNI AD buat kita,” tutup Pangdam 1/ BB Mayjen MS Fadhilah.