Menang Pilchiksung, Aisyah Jadi Keuchik Perempuan Pertama di Aceh Selatan

Perolehan suara pemilihan Keuchik Krueng Batee, Kecamatan Trumon Tengah, Aceh Selatan (Foto: Ist)

Analisaaceh.com, Tapaktuan | Aisyah berhasil menciptakan sejarah baru dengan terpilihnya sebagai Kepala Desa (Keuchik) perempuan pertama di Gampong Krueng Batee Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.

Hal tersebut diketahui setelah Aisyah berhasil memenangi Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) pada Kamis (25/11/2021). Bahkan Aisyah tercatat sebagai Keuchik perempuan pertama di Aceh Selatan.

Wakil Ketua Panitia Pemilihan Keuchik (P2K), Martunis mengatakan, Aisyah memperoleh suara 169, sementara satu calon lainnya yakni Darsiman hanya memperoleh 155 suara.

“Dalam pemilihan Keuchik tersebut dimenangkan oleh Aisyah, setelah mengalahkan Darsiman,” katanya singkat saat dihubungi Analisaaceh.com.

Sebelumnya, kata Martunis, belum ada perempuan yang menjadi Keuchik di daerah tersebut. Namun pada pemilihan kali ini, menjadi sejarah baru di Gampong Krueng Batee dan di Kabupaten Aceh Selatan.

“Ini merupakan perdana dan akan menjadi sejarah di Aceh Selatan khususnya di Gampong Krung Bate perempuan menjadi Keuchik,” jelasnya.

Martunis menambahkan, dalam pelaksanaan Pilchiksung tersebut berjalan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, tanpa ada kendala serta berjalan dengan lancar.

“Pemilihan berlangsung tidak ada intimidasi dari siapapun, dan itu semua murni dengan keikhlasan masyarakat serta tidak ada paksaan,” jelasnya.

Ia berharap, dengan terpilihnya Aisyah agar dapat bekerja sesuai dengan aturan yang ada dalam melaksanakan roda pemerintahan dan membawa gampong lebih maju.

“Semoga ke depan Gampong Krueng Batee bisa semakin maju, makmur dan tentram serta tidak ada permasalahan yang melanggar aturan,” pungkas Martunis. (Ahlul)

Editor : Nafrizal
Rubrik : ACEH SELATAN
Berita sebelumyaTabrak Pohon Kayu, Sopir Dump Truk Meninggal Dunia di Bener Meriah