Categories: ACEH SELATANNEWS

Pemkab Aceh Selatan Akan Bangun Rumah Sakit Pratama

Analisaaceh.com, Tapaktuan | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan berencana akan membangun Rumah Sakit Pratama di Kabupaten setempat untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran saat meresmikan gedung baru UPTD Puskesmas Kluet Selatan pada Senin (23/5/20222) sore.

“Kita telah memiliki Rumah Sakit Umum Yuliddin Away (RSUYA) yang menjadi rumah sakit regional, sementara Rumah Sakit Pratama baik type C maupun D belum ada. Maka dari itu kami bersama Dinas Kesehatan Aceh Selatan berencana untuk mewujudkan pembangunan ini,” kata Tgk Amran.

Bupati mengatakan, pihaknya terus berupaya memaksimalkan pelayanan kesehatan, bahkan saat ini RSUYA telah menjadi rumah sakit rujukan di wilayah barat selatan, khususnya dari kabupaten Aceh Singkil, Subulussalam, Abdya dan Simeulue.

Baca Juga: Bupati Aceh Selatan Resmikan Dua Gedung Baru Puskesmas

“Alhamdulillah RSUYA telah menjadi rumah sakit regional dan juga tersedia pelayanan bedah saraf yang dapat bermanfaat bagi semua masyarakat. Sebelumnya bagi pasien yang bedah saraf harus dirujuk ke Banda Aceh, sekarang sudah bisa ditangani di Aceh Selatan,” ungkapnya.

Selain itu, Pemkab Aceh Selatan juga berencana akan membangun dan menyiapkan fasilitas serta ruangan untuk penanganan penyakit jantung pada tahun 2023. 

“Kita telah komunikasikan dengan kementerian untuk rencana tersebut. Oleh karena itu kita mengharapkan dukungan dari semua masyarakat agar pembangunan ini segera terwujud,” harap Bupati.

Terkait Rumah Sakit Pratama, Kadis Kesehatan Aceh Selatan, Fakhrijal, M.Kes mengatakan bahwa pembangunan itu akan direncanakan pada tahun 2023 mendatang. Menurutnya, hal itu perlu diwujudkan sebagai upaya memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan.

“Aceh Selatan perlu membangun Rumah Sakit Prima, apakah itu type C atau D. Program ini rencananya akan dibangun pada tahun 2023 nanti,” ujar Kadiskes.

Untuk lokasi, kata Fakhrijal, pembangunan tersebut rencananya akan dilakukan di wilayah Kluet Raya. Namun lokasi persisnya belum dipastikan dan akan dikaji kembali.

“Kalau lokasinya di wilayah Kluet Raya, tapi belum dapat kita pastikan di kecamatan mana, apakah itu Kluet Selatan, Kluet Timur, Kluet Utara, Kluet Tengah atau Pasie Raja. Ini akan dikaji kembali nanti,” demikian Fakhrijal.

Editor : Nafrizal
Rubrik : ACEH SELATAN
Redaksi

Editor Analisaaceh.com

Komentar

Recent Posts

Bea Cukai Amankan Rokok Ilegal Senilai Rp 6,3 Milyar di Aceh Tamiang

Analisaaceh.com, Langsa | Bea Cukai mengamankan rokok ilegal senilai Rp6,3 milyar di dua lokasi berbeda…

7 jam ago

Pencuri Puluhan AC Hotel Terbengkalai di Peunayong Ditangkap Polisi

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Unit Reskrim Polsek Kuta Alam yang dibantu Unit Jatanras Satreskrim Polresta…

19 jam ago

Baitul Mal Abdya Kembali Berikan Beasiswa Tahfidz kepada Penghafal Al-Qur’an

Analisaaceh.com, Blangpidie | Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali memberikan penghargaan (reward) kepada…

20 jam ago

Maju Sebagai Bacalon Wali Kota, Irwan Johan Daftar ke Partai Demokrat

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Irwan Johan resmi mendaftar ke DPC Partai Demokrat Banda Aceh sebagai…

20 jam ago

Penyidik Serahkan Tersangka dan Barang Bukti Kasus RS Regional Aceh Tengah ke Jaksa

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Aceh melaksanakan tahap II atau penyerahan…

24 jam ago

Camat Syamtalira Bayu Enggan Terbitkan SK PAW Tuha Peut Gampong Punti

Analisaaceh.com, Lhoksukon | Camat Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara tidak berkenan menerbitkan SK pergantian antar…

2 hari ago