Categories: NEWS

Puluhan ABK KM Kelud Terjangkit Covid-19 Masih Simpang Siur

Analisaaceh.com, Medan | Informasi terkait jumlah anak buah kapal (ABK) kapal penumpang KM Kelud yang diduga terkena Corona virus disease atau Covid-19 masih simpang siur, Selasa (14/4/2020).

Menurut keterangan Humas Kantor Utama Syahbandar Belawan Jujur Panjaitan, ketika dikonfirmasi Analisaaceh.com mengatakan jumlah ABK kapal KM Kelud 65 orang.

Sebelumnya, 39 penumpang kapal Kelud berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) langsung dibawa untuk di karantina di RS PTPN 3 Sei Karang Deliserdang, Senin (13/4/2020).

Dua bus Pariswisata, salah satu berflat BK 7340 UA menunggu kedatangan 56 penumpang Kapal Kelud di dermaga Bandar Deli Belawan.

Pantauan di lapangan, terlihat para penumpang menuruni tangga kapal dan langsung berjalan menaiki bus berwarna biru yang terparkir tidak jauh dari sisi dermaga Bandar Deli Belawan.

Beberapa petugas dengan pakaian Alat Pengaman Diri (APD) berwarna putih mengarahkan penumpang Kapal Kelud langsung ke dalam mobil bus tak jauh dari tangga kapal.

Hadir para petugas yang telah menunggu dari sore hari yaitu dari personel Polres Pelabuhan Belawan, Lantamal Belawan, Marinir, petugas Perhubungan Laut, PT Pelni, PT Pelindo, Koramil Belawan, dan Satpol PP.

Bahkan, awak media pun diberi jarak pembatas meliput, dan tidak diperkenankan oleh petugas untuk mendekati penumpang yang baru turun dari kapal Kelud.

Kapten dan para kru kapal Kelud semua memasuki bilik sterilisasi, sebelumnya diperkenankan keluar dari dermaga Bandar Deli. Informasi 56 penumpang akan dibawa dan di karantina ke rumah sakit PTPN 3 Sei Karang Deliserdang.

Kepala Cabang PT. Pelni Medan Lutfhi Israr mengatakan, sebelum para penumpang turun terlebih dahulu dilakukan rapid test, seluruh penumpang dan ABK kita periksa di kapal.

“Semua kita periksa jika ditemukan para ABK dan penumpang ini positif Covid-19, maka akan langsung kita isolasi,” ungkapnya.

Selanjutnya Lutfhi menjelaskan, sebanyak 31 orang turun di Pelabuhan Batu Ampar, 44 orang turun di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun dan 36 orang turun di Pelabuhan Belawan.

“Saat dilakukan pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Khusus Batam terhadap ABK KM Kelud diketahui salah seorang di antaranya yang berinisial TH positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test,” jelas Kepala Cabang PT. Pelni Medan.

Masih kata Lutfhi, petugas kemudian melakukan tracing (penelusuran) terhadap para penumpang dan ABK dan didapati 39 lainnya juga positif Covid-19. Selanjutnya, TH dirujuk ke RS BP Batam untuk menjalani proses isolasi. Sementara 39 orang lainnya dievakuasi RS Infeksi Khusus Galang dengan menggunakan ambulance KKP dan satu unit Bus Trans Pemkot Batam dengan petugas TNI dari Denpom 1/6 Batam.

Menurut informasi di lapangan terdapat dua penumpang KM Kelud terjun ke laut. hingga saat ini belum tau pasti penyebab kedua orang tersebut terjun ke laut, dan saat ini keduanya masih dalam pencaharian petugas terkait.

Redaksi

Editor Analisaaceh.com

Komentar

Recent Posts

Warga Kota Banda Aceh yang Nikah Di MPP Langsung Dapat KTP dan KK

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Warga Kota Banda Aceh yang menikah di Mall Pelayanan Publik (MPP)…

19 jam ago

Pendaftaran Pasangan Calon Gubernur Independen Dibuka 5 Mei 2024

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Komisi Pemilihan Independen (KIP) Aceh akan membuka pendaftaran bakal pasangan calon…

19 jam ago

Relawan Pro MK Deklarasi Dukung Muzakir Manaf Cagub Aceh di Pilkada 2024

Analisaaceh.com, Lhokseumawe | Sejumlah anak muda-mudi di Kota Lhokseumawe yang menamakan diri relawan Pro Mualem…

3 hari ago

Simpan Sabu, Seorang Pria di Aceh Selatan Ditangkap Polisi

Analisaaceh.com, Tapaktuan | Seorang pria berinisial TW (31) warga Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan ditangkap…

3 hari ago

Tingkat Kepatuhan Perokok di KTR di Aceh Berkurang Lantaran Tak Ada Sanksi

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Aceh Institute menyatakan tingkat kepatuhan masyarakat di Aceh dalam konteks pengendalian…

3 hari ago

Tabrakan di Peukan Bada, 2 Pengendara Motor Meninggal

Analisaaceh.com, Aceh Besar | Dua pengendara motor meninggal usai tabrakan di Jalan Cut Nyak Dien…

3 hari ago