Categories: ACEH TIMURNEWS

Usai 6 Keuchik Temui Pj Bupati, Jalan Birem Bayeun dan Rantau Selamat Diperbaiki

Analisaaceh.com, Aceh Timur | Jalan rusak di kawasan Kecamatan Birem Bayeun dan Rantau Selamat, Kabupaten Aceh Timur akhirnya diperbaiki oleh Pemkab setempat.

Hal tersebut menyusul setelah masyarakat dari enam gampong dari dua kecamatan itu menemui Pj Bupati Aceh Timur pada Selasa (13/12/2022) lalu. Mereka meminta Pj Bupati untuk memperhatikan masyarakat di Kecamatan Birem Bayeun dan Rantau Selamat, terutama akses jalan yang sudah puluhan tahun rusak berat.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Muhammad Yunus Banta, yang memantau langsung renovasi jalan tersebut mengatakan, perbaikan itu dilakukan oleh Pj Bupati Aceh Timur dengan mengerahkan alat berat untuk melakukan perluasan jalan agar masyarakat mudah untuk mengaksesnya.

Baca Juga: Kelelahan Melewati Jalan Berlumpur di Aceh Timur, Seorang Karyawan PTPN I Meninggal Dunia

“Setelah pertemuan kemarin, bapak Pj Bupati langsung mengerahkan alat berat berupa beko untuk tindak darurat jangka pendek, dengan melakukan perluasan jalan dan memuluskan kembali agar tidak berlumpur,” kata Muhammad Banta, kepada Analisaaceh.com, Jum’at (16/12).

Pria yang akrab disapa Bang Banta ini menjelaskan, renovasi jalan rusak tersebut sudah berlangsung dua hari yang dimulai dari Desa Damar Siput, kemudian akan dilanjutkan ke lima desa berikutnya di dua kecamatan yaitu Birem Bayeun dan Rantau Selamat.

“Renovasi jalan sudah berlangsung selama dua hari dan sekarang di Desa Damar Siput sudah mulai terlihat ruas jalan yang tadinya sempit dan berlumpur, kini sudah lumayan untuk bisa dilalui oleh kendaraan dan warga,” jelasnya.

Baca Juga: 77 Tahun Indonesia Merdeka: Buket Seulemak Masih Berkubang Lumpur

“Kita juga bersama Keuchik beserta seluruh masyarakat dari keenam desa yaitu Damar Siput, Bukit Seulemak, Blang Tualang, Alur Tuwi, Alur Kaul dan Alur Punti akan terus memantau perbaikan jalan ini hingga ke ujung desa,” pungkas Muhammad Yunus Banta.

Sebelumnya diberitakan, bahwa Keuchik dan sejumlah masyarakat dari enam gampong dalam Kecamatan Birem Bayeun dan Rantau Selamat, Aceh Timur, menemui Pj Bupati kabupaten setempat, menuntut pembangunan jalan di dua kecamatan tersebut yang luput dari perhatian pemerintah.

Baca Juga: Jalan Birem Bayeun dan Rantau Selamat Tak Kunjung Dibangun, 6 Keuchik Temui Pj Bupati

Keenam desa yang hadir dalam audensi yang digelar pada Selasa (13/12/2022) lalu di kantor Bupati Aceh Timur itu, adalah Gampong Bukit Seulemak dan Blang Tualang Kecamatan Birem Bayeun. Kemudian Gampong Alue Kaul, Damar Siput, Alur Tuih dan Alur Punti Kecamatan Rantau Selamat.

Dalam pertemuan tersebut, Ramli salah satu perwakilan Keuchik yang hadir mempertanyakan tentang keadaan wilayah mereka, bahwa akan sampai kapan warga dari dua kecamatan tersebut harus merasakan jalan tidak layak yang sudah puluhan tahun.

“Sampai kapan kami seperti ini, mampukah pemerintahan Aceh Timur merawat dan memperhatikan kami di dalam wilayahnya, jika tidak mampu katakan tidak mampu, serahkan kami ke wilayah Kota Langsa. Kami juga ingin anak-anak kami bisa bersekolah tanpa hambatan seperti anak yang lain,” tegas Ramli.

“Kami mohon pertolongan dan perhatian bapak Pj Bupati, saya tidak tahu jika bapak itu Pj atau bukan, yang kami tahu bapak adalah Bupati Aceh Timur saat ini, bapak adalah pemimpin kami dan kami adalah masyarakat bapak, jadi kami berharap bapak bisa perduli dengan kami, setidaknya kami pulang bisa membawa selembar surat yang ditandatangani oleh bapak dan para saksi,” tutur Ramli.

Editor : Nafrizal
Rubrik : ACEH TIMUR
Chairul

Komentar

Recent Posts

Pengurus RAPI Lokal Trumon Aceh Selatan Resmi Terbentuk

Analisaaceh.com, Tapaktuan | Pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 01.15 Aceh Aceh Selatan, Minggu…

11 jam ago

Pria di Aceh Timur Ditangkap karena Curi Motor Milik Calon Jemaah Haji

Analisaaceh.com, Idi Rayeuk | Seorang pria berinisial NA (60) di Kabupaten Aceh Timur, ditangkap polisi…

3 hari ago

Polisi Tangkap Tiga Terduga Pengedar Ganja di Abdya

Analisaaceh.com, Blangpidie | Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Aceh Barat Daya (Abdya) menangkap tiga pria…

3 hari ago

Gelar Perpisahan, SMAN 1 Lhokseumawe Pungut Biaya dari Siswa

Analisaaceh.com, Lhokseumawe | SMAN 1 Lhokseumawe memungut biaya perpisahan kepada siswa. Pungutan ini dinilai memberatkan…

3 hari ago

Bea Cukai Amankan Rokok Ilegal Senilai Rp 6,3 Milyar di Aceh Tamiang

Analisaaceh.com, Langsa | Bea Cukai mengamankan rokok ilegal senilai Rp6,3 milyar di dua lokasi berbeda…

4 hari ago

Pencuri Puluhan AC Hotel Terbengkalai di Peunayong Ditangkap Polisi

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Unit Reskrim Polsek Kuta Alam yang dibantu Unit Jatanras Satreskrim Polresta…

4 hari ago