Wakil Bupati Aceh Selatan Buka Turnamen Futsal UKAM Cup II

Analisaaceh.com, Tapaktuan | Pemuda-pemudi Gampong Ujung Kampung, Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan gelar turnamen futsal se-Aceh Selatan. Kegiatan tersebut merupakan serangkaian acara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 91 dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten setempat, Senin (4/11/2019).

Pembukaan turnamen futsal UKAM CUP II 2019 itu berlangsung di lapangan futsal UKAM, dan dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, anggota Dewan DPRK Aceh Selatan, Sekda Aceh Selatan, Unsur Muspika Kecamatan Samadua, seluruh Sponsor, serta para tamu undangan lainnya.

Kegiatan tersebut direncanakan berlangsung selama 20 hari, terhitung dari tanggal 04 s/d 20 November 2019. Diikuti oleh 64 tim se Kabupaten Aceh Selatan. Seluruh tim akan berlaga merebutkan total hadiah sebesar 18 juta rupiah dan tropi.

Ketua Panitia Pelaksana turnamen UKAM Cup II, Beni Saputra mengatakan, rangkaian acara tersebut dalam rangka memperingati Sumpah Pemudah ke 91. Khusus, turnamen futsal bertujuan menjalin silaturrahmi, melatih sprit sportivitas dan kemahiran generasi muda Gampong Ujung Kampung, umumnya Aceh Selatan dalam memainkan cabang olahraga tersebut.

“Diharapkan generasi muda mempunyai rasa persatuan dan menjalin silaturrahmi melalui olahraga. Serta, meningkatkan kepiawaian atlit-altit muda Aceh Selatan dalam bermain futsal. Sehingga, banyak bakat baru bermunculan bahkan sampai dikancah nasional,” ungkap Beni.

Keuchik Ujung Kampung, Nurzal pada pembukaan kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memotivasi seluruh pemuda, baik di Samadua maupun di Aceh Selatan.

Selain itu Keuchik menyebutkan, pemuda Ujung Kampung tidak pernah puas dengan keadaan lapangannya, Ia berharap pemerintah Aceh Selatan bisa menganggarkan lapangan UKAM FC tersebut.

Semetara itu, Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran dalam sambutannya mengatakan, dengan antusiasnya pemuda dan pemudi, masyarakat dan para penonton pada acara itu, ia mengajak untuk sama-sama junjung tinggi sportivitas.

“Bukan tugas Polsek dan Koramil saja, akan tetapi semua pihak terutama pemuda pemudi untuk menjaga stabilitas dalam menjelankan kegiatan turnamen ini aman dan damai,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati juga berharap kepada pemuda-pemudi untuk menghindari obat-obat terlarang. Partisipasi pemuda sangat dibutuhkan dalam membangun jati diri bangsa. Pemuda juga merupakan pelopor bagi bangsa untuk menjadi inspirator bagi lingkungan sekitar dan pembangunan bangsa.

“Kalau pemudanya saja menyalahgunakan narkoba, bagaimana di kemudian hari menjadi inspirator muda untuk negeri, bangsa yang hebat bisa dilihat dari pemuda-pemudinya. Maka sebagai generasi muda jangan gentar menghadapi narkoba. Berantas oknum-oknum yang ingin merusak bangsa kita,” tegasnya

Oleh karena itu ia mengajak semua pihak untuk memantau dan mengawal sama-sama serta menghindari obat-obat terlarang, agar pemuda-pemuda Aceh Selatan terhindar dari narkoba.

“Ini penting untuk kita semua, jangan sampai kita jadi korban dari itu semua. Kita siap menyatakan perang terhadap narkoba, sebeb pemuda mempunyai peran sebagai agen inovasi dan pembaharuan dalam peradaban dunia,” ujar Tgk. Amran.

Turnamen Futsal UKAM Cup II resmi digelar ditandai dengan tendangan pertama yang dilakukan Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran sebelum dua kesebelasan pembuka turnamen yakni Tensi FC versus Panaga FC berlaga, di Stadion UKAM Samadua.