Categories: NEWS

KPA Luar Negeri Ingatkan Panglima TNI Tidak Buat Kegaduhan Terkait Aceh 

Analisaaceh.com, Lhokseumawe | Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Perwakilan Luar Negeri, Teuku Emi Syamsyumi atau yang lebih akrab disapa Abu Salam mengingatkan Panglima TNI tidak membuat kegaduhan terkait Aceh. Panglima TNI diminta tetap duduk dan siaga dalam porsinya sebagaimana diamanatkan negara.

Pernyataan ini disampaikan KPA Perwakilan Luar Negeri melalui siaran pers yang dikirim ke redaksi dari Perth, Australia, Sabtu (23/4/24).

“Kami sangat tidak sependapat atas sikap pernyataan sepihak panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dalam menyikapi persoalan kondisi Aceh saat ini pasca perdamaian Aceh dan Indonesia,” ujar Abu Salam mengawali pernyataan sikapnya.

Ketua KPA Perwakilan Luar Negeri, Teuku Emi Syamsyumi alias Abu Salam. Foto tangkapan layar diambil pada akun Tiktok ‘abusalam’

Dia mengingatkan, penandatanganan nota kesepahaman antara pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada 15 Agustus 2005 di Helsinky itu menandai berakhirnya perang sipil selama tiga dekade di Aceh.

Nota kesepahaman itu melahirkan kesepakatan untuk berdamai secara hakiki. Dalam butir turunan kesepakatan itu kedua pihak juga bersepakat Aceh berhak memiliki partai lokal yang notabenya untuk pemilihan pimpinan dan perwakilan di daerah.

“Seharusnya Jenderal TNI tidak boleh membuat kegaduhan lagi di Aceh, dan kita tahu siapa yang selalu membuat kegaduhan di Aceh. Namun sikap kami sebagai GAM yang sudah sepakat untuk mentaati perdamain ini selalu menahan diri dan tidak terpancing dengan keadaan selama ini. Kami selalu fokus dalam pembangunan dan mensejahterakan rakyat aceh selepas merasakan penderitaan hampir tiga dekade pasca konfik dan tsunami,” ungkap Abu Salam.

Sementara dengan keberadaan partai lokal yang disinyalir oleh panglima TNI dalam pernyataannya di depan Komisi I DPR RI berpotensi menimbulkan kegaduhan, itu sangat berlebihan dan menyakitkan. Partai Aceh, kata Abu Salam, saat ini sedang mencoba memperbaiki keadaan, walaupun jatuh bangun untuk mengambil hati rakyat untuk diwakili suara mereka di parlemen Aceh.

“Kami kira persoalan Aceh saat ini, TNI/Polri harus legowo dan mensyukuri apa yang telah terjadi saat ini. Janganlah membuat kegaduhan baru di Aceh. Apa yang sudah kita rasakan saat ini, harus disyukuri bersama-sama. Rakyat Aceh tidak lagi dalam ketakutan, TNI/Polri tidak lagi dalam kesiagaan tingkat satu seperti jaman konflik dulu,” ujar pria yang bermukim di negara kanguru ini.

Ketua KPA luar negeri, sebut Abu Salam, memantau terus keaadaan Aceh saat ini. Baik TNI maupun Polri, kata dia, duduk dan tetap siaga dengan porsi yang ditugaskan dan diamanatkan oleh negara.

“Jangan terlalu jauh masuk ke ranah yang tidak perlu dan bisa membuat kegaduhan di Aceh. Kami tidak akan segan-segan membawa persoalan ini ke tingkat international bila pihak pusat terus membuat kegaduhan atau klaim sepihak soal persoalan Aceh,” demikian Abu Salam.

Editor : Riza Mirza
Rubrik : NEWS
Desriadi Hidayat

Komentar

Recent Posts

Relawan Pro MK Deklarasi Dukung Muzakir Manaf Cagub Aceh di Pilkada 2024

Analisaaceh.com, Lhokseumawe | Sejumlah anak muda-mudi di Kota Lhokseumawe yang menamakan diri relawan Pro Mualem…

5 jam ago

Simpan Sabu, Seorang Pria di Aceh Selatan Ditangkap Polisi

Analisaaceh.com, Tapaktuan | Seorang pria berinisial TW (31) warga Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan ditangkap…

8 jam ago

Tingkat Kepatuhan Perokok di KTR di Aceh Berkurang Lantaran Tak Ada Sanksi

Analisaaceh.com, Banda Aceh | Aceh Institute menyatakan tingkat kepatuhan masyarakat di Aceh dalam konteks pengendalian…

8 jam ago

Tabrakan di Peukan Bada, 2 Pengendara Motor Meninggal

Analisaaceh.com, Aceh Besar | Dua pengendara motor meninggal usai tabrakan di Jalan Cut Nyak Dien…

14 jam ago

Geuchik Gampong Punti Mangkir dari Panggilan Penyidik Tipidkor Polres Lhokseumawe

Analisaaceh.com, Lhokseumawe | Geuchik Gampong Punti Kecamatan Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara dikabarkan mangkir dari…

1 hari ago

Maju Pilkada, Salman Alfarisi Mendaftar ke Demokrat Abdya

Analisaaceh.com, Blangpidie | Salman Alfarisi menyerahkan berkas pendaftaran sebagai bakal calon bupati ke Dewan Pimpinan…

1 hari ago